Wakili Bupati, Sekda Parimo Buka Rakor Bansos Pangan Tahun 2021

0

TNO, PARIMO SULTENG – Mewakili Bupati Parigi Moutong (Parimo), Sekretaris Daerah Zulfinasran, S.STP.,M.AP resmi membuka kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Sosial Parigi Moutong (Dinsos Parimo) itu mengambil tempat kegiatan di Cafe Renbow Kelurahan Kampal Parigi, Senin (24/5/21).

Sekertaris Dinsos Kab Parimo, H Moh Ishak, S.Sos.,M,Si melaporkan Dasar Hukum pelaksanaan kegiatan, sebagaimana yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 tahun 2011 tentang Penanganan Fakir Miskin, Peraturan Presiden RI Nomor 63 tahun tahun 2017 tentang Penyaluran Bantuan Sosial Secara Non Tunai dan Peraturan Menteri Sosial Nomor 5 tahun 2019 tentang Pengelolaan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial.

“Ada 4 maksud dan tujuan kegiatan ini, yang pertama mengurangi beban pengeluaran KPM melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Kedua memberikan gizi yang lebih seimbang kepada KPM. Ketiga meningkatkan ketepatan sasaran waktu, jumlah, harga, kualitas dan administrasi, dan yang keempat, memberikan pilihan dan kendali pada KPM dalam memenuhi kebutuhan pangan,” Katanya.

Tampak kegiatan Rapat Koordinasi (Rakor) Bantuan Sosial (Bansos) Pangan Kabupaten Parigi Moutong tahun 2021, di Cafe Renbow Kelurahan Kampal Parigi, Senin (24/5/21).

Ishak menambahkan, “Adapun materi kegiatan meliputi singkronisasi Dinas dan pihak terkait tentang mekanisme Program penyaluran Bansos Pangan Non Tunai di Kabupaten Parigi Moutong.

“Kami laporkan, peserta kegiatan ini antara lain, Tim koordinasi Kabupaten, Tim koordinasi Kecamatan, Pendamping di 23 Kecamatan, Himbara, dan dana kegiatan ini bersumber dari APBD Dinas Sosial tahun 2021,” Ucapnya.

Sekda Parimo Zulfinasran, S.STP.,M.AP saat membuka kegiatan mengampaikan terima kasih, dan mengapresiasi kepada Dinsos yang telah berbuat untuk kepentingan masyarakat.

Zulfinasran berharap, Pemerintah Desa (Pemdes) agar memverifikasi nama-nama penerima bantuan apakah layak atau tidak. Selanjutnya apakah yang bersangkutan masih hidup, atau sudah meninggal, dan apakah masih tinggal di Desa itu atau tidak.

“Dengan kegiatan ini kita berharap dapat mengkroscek siapa-siapa yang menerima BPMJ dan siapa yang menerima BLT dan siapa yang menerima PKH,” Pintanya.

Zulfinasran pun berharap, agar semua Sekretaris Camat dan Camat dapat mengkoordinir Verifikasi dan Validasi Data DTKS, dan semua Data sudah diberikan kepada Tim pendata yang sudah ditunjuk.

“Semoga data yang masuk betul-betul sudah terverifikasi dan divalidasi oleh pemerintah desa dan kecamatan,” Tutupnya.

Rilis : Kominfo Parimo
Editor : MU/MH/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?