Wabup Parimo Dampingi Gubernur Sulteng Hadiri Panen Udang Total Perdana PT PAP di Sijoli

0

TNO, PARIMO SULTENG – Gubernur Sulawesi Tengah melaksanakan panen Udang Total di Desa Sijoli, Kecamatan Moutong, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah didampingi Wakil Bupati Parimo, Badrun Nggai, SE dan sejumlah Pejabat lainnya, Jum’at (5/11/21).

Udang yang dipanen merupakan jenis Udang Vaname yang dikelola oleh Tambak Udang berkelanjutan PT Parigi Aquakultura Prima (PT PAP).

Gubernur Sulteng juga didampingi Ketua TP-PKK Provinsi Sulteng Vera Rompas Mastura, Danrem 132 Tadulako Brigjen TNI Farid Makruf bersama Ibu Ketua Persit, yang juga dihadiri para Bupati yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara Utara, yaitu Kabupaten Buol Provinsi Sulteng, Kabupaten Gorontalo Utara dan Kabupaten Bonebolango Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Boloang Mongodow Provinsi Sulawesi Utara.

Direktur PT Parigi AQuakultura Prima, Rudi Hartanto Wibowo mengucapan selamat datang kepada para Pejabat di Desa Sijoli yang turut menyaksikan panen Udang Perdana atau panen total yang sebelumnya sudah dilakukan panen Parsial.

“Luasan panen kami 3,6 hektare, dan menghasilkan panen 240 Ton dengan Size 24 sampai 30” Jelasnya dihadapan tamu undangan.

Selanjutnya kata Rudi Hartanto, kedepan PT Parigi AQuakultura Prima akan mengembangkan hingga 60 Kolam.

Ketua Badan kerjasama Utara Utara yang juga Bupati Gorontalo Utara Indra Yasin mengatakan, Badan Kerjasama Utara Utara, terdiri dari Kabupaten Buol, Boloang Mongondow Utara, Gorontalo Utara, Kabupaten Bonebolango sengaja hadir untuk menyaksikan panen perdana udang PT Parigi AQuakultura Prima.

“Kami sangat mengenal Parigi Moutong dan Bupatinya serta Gubernur Sulteng adalah seorang pekerja keras dan seorang visioner semenjak menjadi Walikota Dua Periode” Terangnya.

“Kedepan kami memohon kepada Gubernur Sulawesi Tengah agar diberikan dorongan dan dukungan kepada Badan Kerjasama Utara Utara, karena Badan Kerjasama Utara Utara fokus untuk mengembangkan pada Bidang Perikanan dan Kelauatan serta Bidang Peternakan” Tambahnya.

Selanjutnya kata Indra Yasin, kedepan Badan Kerjasama Utara utara akan datang kembali untuk Audiensi dengan Gubernur Sulawesi Tengah, untuk meminta masukan dalam pengembangan Daerah yang tergabung pada Kerjasama Utara Utara.

Sementara itu Wakil Bupati Parigi Moutong, H. Badrun Ngai, SE menyampaikan ucapan terimakasih atas kunjungan Gubernur dan Ibu Ketua TP PKK dan Danrem 132 Tadulako, serta Wabup Badrun juga menyampaikan selamat datang atas kunjungan para Bupati yang tergabung dalam Badan Kerjasama Utara Utara pada Tiga Provinsi .

“Terimakasih kepada bapak Gubernur atas supportnya, sehingga PT Parigi AQuakultura Prima dapat eksis untuk berusaha di Sijoli” Ucapnya.

Wabup juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Parigi AQuakultura Prima yang telah berkomitmen untuk berinvestasi, dan juga berkomitmen untuk menggunakan seluruh tenaga kerja lokal dan dilatih menjadi tenaga kerja profesional.

Tampak Gubernur Sulteng, H Rusdi Mastura, bersama rombongan di lokasi Tambak PT Parigi AQuakultura Prima.

“Parigi Moutong insya Allah akan menjadi Kabupaten terdepan dalam Produksi Budidaya Udang yang bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, karena saat ini sudah ada 4 Perusahaan Budidaya Udang di Kabupaten Parigi Moutong yang sudah beroperasi” Imbuhnya.

Gubernur Sulawesi Tengah, H. Rusdy Mastura, menyampaikan selamat kepada Rudy Hartanto selaku Direktur PT Parigi Aquakultura Prima yang telah berhasil berinvestasi di Daerah Parigi Moutong.

“Saya menyampaikan apresiasi kepada pak Rudi, dan saya berikan dorongan atas keberhasilan PT Parigi AQuakultura Prima yang sudah berhasil dan saat ini sudah dapat melakukan Panen Perdana Budidaya Udang Vaname dan hasilnya sangat besar dan memuaskan” Bangganya.

Gubernur juga meminta kepada Direktur PT Parigi AQuakultura Prima agar dapat dikembangkan Investasi ke Daerah Daerah Kabupaten yang tergabung pada Badan Kerja Sama Utara Utara, karena Daerah tersebut kata ia memiliki potensi yang sangat besar dan berada di garis pantai yang sangat panjang.

Gubernur juga berharap agar PT Parigi AQuakultura Prima dapat bekerjasama dengan Perusahaan Daerah untuk mengembangkan Investasi Budidaya Udang Vaname , sehingga kedepan perusahaan Daerah dapat berperan dalam pengembangan investasi Daerah.

“Saya sangat berharap, kiranya badan Kerja sama Utara Utara dapat terus membangun daerahnya, dengan potensi daerah seperti pengembangan Bidang Perikanan dan Budidaya Udang. Saya sangat mendukung Kabupaten Buol yang akan fokus dalam mengembangkan pusat Peternakan Sapi di Kabupaten Buol” Terangnya.

Rusdi Mastura meminta agar Badan Kerjasama Utara Utara dapat juga mempersiapkan Daerah Sulawesi Tengah dan wilayah Sulawesi sesuai amanat Presiden RI akan menjadi Daerah Penyangga ibu kota Negara yang baru, karena wilayah Sulawesi memiliki Daerah Strategis menjadi Daerah penyangga ibu Kota Negara yang baru.

“Untuk membangun Daerah Sulawesi Tengah harus ada loncatan loncatan pembangunan, sehingga Pembangunan Smart Village pada 1.000 Desa, dan kemarin sudah dilakukan Lounching Smart Village di Desa Pakuli, itu tujuannya untuk mendorong SDM masyarakat meningkat sesuai peradaban zaman. Mari kita berkalaborasi untuk membangun daerah dan memajukan daerah dengan kerjasama yang baik, karena kedepan Perusahaan Daerah (Perusda) sudah dapat menghasilkan dan dapat meningkatkan Fiskal Daerah 5T melalui pengelolaan potensi yang ada di Sulawesi Tengah pada bidang Perikanan Budidaya Udang dan Bidang Pertambangan” Katanya.

Lanjut Gubernur, potensi Budidaya masih terkelola 25 persen, sehingga masih banyak potensi yang harus dikelola dan digarap. Olehnya kata ia perlunya memanfaatkan kredit Bank untuk mengelola potensi yang ada dan berusaha.

Sambung Gubernur, pihaknya mendorong Bank Pembangunan Daerah (BPD) untuk memberikan Kredit kepada masyarakat dan untuk Pemberdayaan kepada Perusahaan yang Berinvestasi.

“Saya mendorong Perbankan Nasional untuk memberikan dukungan materi melalui Kredit dan mempermudah serta bunga rendah melalui Penandatangan MoU. Saya bersama BRI untuk menyalurkan Kredit 5T. Saya berharap agar masyarakat memanfaatkan peluang tersebut” Tandasnya.

“Ibu Kota Negara Baru memberikan Dampak besar Kepada Daerah Sulawesi Tengah dan wilayah Sulawesi pada Umumnya. Salam hormat saya kepada Gubernur Gorontalo, mari Kita bangun secara bersama sama wilayah Sulawesi dengan Loncatan Loncatan besar untuk memberikan dampak terhadap kesejahtraan masyarakat” Tutupnya.

Rilis : Biro Adm Pimsetdaprov Sulteng
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?