Usai Diresmikan Bupati Parimo, Tiga Puskesmas Resmi Beroperasi

0

TNO, PARIMO SULTENG – Setelah diresmikan secara simbolis oleh Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu pada Sabtu (26/6/21), kini ketiga gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di tiga Kecamatan yakni Puskesmas Lambunu 2 di Kecamatan Bolano Lambunu, Puskesmas Kecamatan Tomini dan Puskesmas Kecamatan Tinombo Resmi difungsikan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Parigi Moutong, Elen Nelwan, S.Sos.,M.Kes dalam laporannya mengatakan, 3 gedung baru Puskesmas yang baru-baru ini dibangun oleh pemerintah bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun 2020, dan masing-masing puskesmas menelan anggaran kurang lebih Rp9 Milyar.

Lanjut Elen, Pusat Kesehatan Masyarakat adalah salah satu fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan prefentif untuk mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

Upaya kesehatan tersebut kata Elen, diselenggarakan dengan menitikberatkan pada pelayanan prima untuk masyarakat luas, guna mencapai derajat kesehatan yang optimal tanpa mengabaikan mutu pelayanan kepada perorangan.

“Pembangunan kesehatan yang diselenggarakan di puskesmas, bertujuan untuk memajukan masyarakat yang memiliki perilaku baik, kesadaran, kemauan dan kemampuan untuk hidup sehat serta mampu menjangkau pelayanan kesehatan yang bermutu, dan memiliki derajat kesehatan yang optimal baik keluarga, kelompok maupun masyarakat,” Imbuhnya.

Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu saat menyerahkan kunci secara simbolis kepada Elen Nelwan, S.Sos.,M.Kes, pertanda resminya Puskesmas beroperasi.

Selanjutnya dalam kegiatan itu sekaligus peresmian Public Safety Center (PSC) 199 untuk PSC Parigi dan PSC Siney.

Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu mengatakan, dalam waktu dekat pemerintah akan membuka penerimaan pegawai, dengan Perjanjian Kerja (P3K) yang diangkat berdasarkan perjanjian kerja untuk jangka waktu tertentu dalam rangka melaksanakan tugas pemerintah.

“Insya Allah dalam waktu dekat akan dibuka penerimaan P3K bagi honorer, dan mereka akan menerima kaknya selayaknya Pegawai Negeri Sipil (PNS), dan bisa menduduki jabatan sebagai pejabat pemda, hanya saja tidak bisa untuk Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda),” Ujarnya.

“Saya berharap puskesmas ini difungsikan dengan baik, berikan pelayanan yang terbaik kepada pasien masyarakat kita,” Tekan Bupati.

Usai meresmikan 3 Puskesmas, Bupati Parimo didampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Parigi Moutong Dra Hj Noor Wachida Prihartini S Tombolotutu, Kadis Dinkes Parimo dan sejumlah Kepala OPD lainnya langsung melakukan pengguntingan Pita, dan dilanjutkan peninjauan Gedung baru Puskesmas Tinombo serta menyaksikan secara langsung Terbang Layang take off dari Pegunungan Ogolongkap Desa Silabia dan Landing di depan Pantai Wisata Mangrove Lolaro.

Rilis : Kominfo Parimo
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?