TNI AD Koramil 1306-19 – Puskesmas Kasimbar Suksesi Serbuan Vaksinasi Covid-19 Dengan Doorprize

0

TNO, PARIMO SULTENG – Dalam rangka mensukseskan program pemerintah, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) Komando Rayon Militer (Koramil) 1309-19 Kasimbar bekerja sama dengan Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kasimbar melaksanakan serbuan Vaksinasi Covid-19 guna mencapai program 75% penduduk Indonesia tervaksin.

Serbuan Vaksinasi Covid-19 oleh Koramil 1306-19 Kasimbar, di Balai Desa Piningka, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, Sabtu (3/7/21).

Tampak pelaksanaan pemberian vaksin vovid-19.

Danramil Sersan Mayor (Serma) Zumra dalam sambutanya menyampaikan permohonan maaf kepada peserta vaksin yang telah mendaftarkan diri sebagai penerima vaksin pada kegiatan tersebut, namun belum sempat divaksin, karena stok vaksin habis.

“Saya harap peserta vaksin yang tidak sempat divaksin hari ini (Sabtu, 3 Juli 2021 red) agar bersabar dan jangan kecewa karena program ini akan berkelanjutan sampai Desember 2021, jumlah vaksin yang kami siapkan hari ini, hanya 70 vial untuk 70 orang,” Tutur Zumra.

Tampak peserta vaksin saat mengikuti arahan dari petugas tim medis puskesmas Kasimbar, dan arahan Danramil.

Lanjut Zumra, Perwira yang berpangkat Serma itu, bahwa kegiatan ini dilaksanakan oleh TNI-AD secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, guna menindaklanjuti program pemerintah pusat, yang dimulai sejak Sabtu – Minggu, 3-4 juli 2021 dan kami sangat bersyukur karena kegiatan ini mendapat respon baik dari masyarakat khususnya Warga Desa Peningka, Kecamatan Kasimbar. Masyarakat sangat antusias mendatangi pos pendaftaran untuk ikut sebagai peserta vaksinasi.

“Untuk Wilayah Kecamatan Kasimbar, sekitar delapan belas ribu (18.000) Jiwa yang harus divaksin, sementara data yang sudah menjalani vaksinasi yang kami terima baru sekitar kurang lebih lima ratus (500) jiwa, tentu lebih banyak yang belum divaksin, olehnya itu mungkin dalam waktu dekat vaksin covid-19 akan didistribusikan kembali,” Bebernya.
Diungkapnya lagi, bahwa pada kesempatan ini masyarakat yang datang untuk menjalani vaksinasi akan mendapat hadiah (doorprize) berupa kipas angina untuk 3 orang pemenang dan tiap-tiap pemenang akan mendapat sebuah kipas anging. Caranya dengan mengundi nomor antrian peserta diakhir acara, maka diharapkan kepada semua peserta agar menunggu sampai kegiatan ini selesai.

Serma Zumra Foto bersama dengan tim kesehatan PKM Kasimbar usai melaksanakan penyuntikan vaksin.

Kegiatan ini terpantau media TNO, semua peserta vaksin sebelum divaksin dilakukan health screening, sebanyak 150 orang yang mendaftar, namun hanya 70 orang yang divaksin, karena stok vaksin habis, dari hasil health screnins/skrining kesehatan oleh tim medis, dan ada beberapa peserta yang tertunda, karena tidak memenuhi syarat kesehatan.

Pada kesempatan yang sama Kapus Kasimbar Saifudin, S.KM menyampaikan, bahwa hari ini kita akan laksanakan vaksinasi covid-19 di Desa Peningka, kegiatan ini semestinya dilaksanakan di puskesmas, namun untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, maka kami dari Tim Kesehatan PKM Kasimbar, peduli kepada masyarakat Kasimbar, untuk itu kami permudah pelayanan vaksinasi ini dengan turun ke desa-desa agar semua elemen masyarakat mendapatkan vaksin dengan mudah.

Sudah menjadi kewajiban bagi Rakyat Indonesia untuk menjalani vaksin karena diikat oleh Permenkes No. 9 Tahun 2020 Tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019, selain itu program vaksinasi ini berakhir pada Desember 2021, setelah program vaksin usai akan berlaku Peraturan Presiden (Perpres) No. 14 Tahun 2021, yang telah ditandatangani Presiden RI, 9 februari 2021.

Mereka yang ditetapkan sebagai penerima vaksin covid-19, tetapi tidak mengikuti vaksinasi akan disanksi berupa, Penundaan atau penghentian pemberian jaminan sosial atau bantuan social, Penundaan atau penghentian layanan administrasi pemerintahan atau denda, dan Pengenaan sanksi administrasi tersebut dilakukan oleh kementerian, lembaga, pemerintah daerah atau badan sesuai kewenanganya.

“Mari kita ajak saudara-saudara yang lain, yang terdaftar sebagai wajib vaksin agar ikut menjalani vaksin, dan kita setelah menerima vaksin kita tetap mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan covid-19,” Ungkapnya dengan tegas.

Turut hadir, Danramil Kasimbar Serma Zumra, Babinsa, Kapolsek Kasimbar diwakili Ipda I Nengah Artha Naya, Bhabinkamtibmas, Kapus Kasimbar Saifudin, S.KM bersama tim kesehatan, Kades Peningka Usran Toma, beserta perangkat desa lainya, dan peserta vaksin. Kegiatan ini ditutup dengan pemberian hadiah kipas angin (Doorprize), dimenangkan oleh : 1. Putu Padnyani, I Wayan Kartawan, dan Suratmi.

Penulis : Thalip
Editor : MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?