Terapkan PPKM Mikro, Pemdes Tallang Bulawang Salurkan BLTDD

0

TNO, BAJO LUWU – Pemerintah Desa Tallang Bulawang, Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu, Prov Sulsel menyalurkan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap pertama (I) Bulan ke Empat (4) (April 2021) kepada 100 Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Minggu (11/6/2021).

Penyaluran yang bertempat di Kantor Desa Tallang Bulawang, Pemdes salurkan kepada 100 KPM. Hal itu sesuai dengan Data Penyaluran BLT-DD Bulan April 2021 yang dibahas pada Musyawarah Desa Khusus, adapun nilai yang diserahkan sebesar Rp.300.000 per KPM.

Kades Tallang Bulawang Hardah, S.AN pada kesempatan tersebut memberikan arahan dan sosialisasi kepada KPM penerima BLT-DD Tahun 2021.

“Kami selaku Pemerintah Desa Tallang Bulawang terus berupaya untuk salurkan BLT DD, sehingga BLT-DD tahap Satu (I) Bulan ke Empat (4) April 2021 ini dapat tersalur dengan lancar” Ujar Hadrah.

Tampak pelaksanaan penyerahan BLT-DD Tallang Bulawang, Minggu (11/6/2021).

Ia berharap dengan Bantuan Langsung Tunai yang bersumber dari Dana Desa tersebut dapat meringankan beban masyarakat dimasa pendemi Covid-19.

Ia juga mengimbau dan mengajak kepada seluruh warga seluruh masyarakat untuk disiplin melaksanakan dan menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan juga terus mengingatkan KPM agar selalu mengikuti protokol kesehatan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semoga dengan adanya BLT-DD ini dapat membantu masyarakat miskin yang terdampak pandemi Covid-19 terhadap sendi-sendi ekonomi dan kesehatan warga masyarakat” Ungkapnya.

Dengan berpedoman pada Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Mikro (PPKM) untuk tetap mengikuti penerapan protokol kesehatan 5 M: Manjaga Jarak, Memakai masker, Mencuci Tangan pakai sabun, Menghindari Kerumunan, dan Membatasi mobilitas) kegiatan Penyaluran BLT-DD tahun 2021 ini berjalan dengan lancar dan tertib.

Selain itu Pemdes Tallang Bulawang telah membentuk tim Pos Komando (Posko) Penanganan Covid-19 dalam rangka Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM Mikro).

Dimana Posko jaga Desa ini memiliki 4 Fungsi, untuk melakukan mekanisme Koordinasi, Pengawasan dan Evaluasi pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berSkala Mikro yakni, untuk Pencegahan, Penanganan, Pembinaan, dan Pendukung pelaksanaan penanganan COVID-19.

“Dengan memanfaatkan Sumber Daya Manusia (SDM), dan semangat gotong royong, agar intevensi lebih efektif maka dibentuklah Posko di Desa Tallang Bulawang,” Jelas Hadrah menyampaikan keterangan persnya terkait perkembangan penanganan Covid-19.

Terdapat beberapa ketentuan agar Posko dapat berjalan efektif. Yaitu pertama, menentukan Struktur dan personel, yang terdiri dari Aparat dan Mitra Desa sesuai kebutuhan. Kedua, menentukan lokasi Posko sepeti memanfaatkan Kantor Kepala Desa, atau lapangan, atau juga lokasi lainnya yang dinilai Representatif. Ketiga, menyiapkan Sarana dan Prasarana. Keempat menilai Status Zonasi Wilayah.

“Untuk memastikan Operasional Posko tingkat Desa, maka diperlukan alur komando dan koordinasi yang jelas” Imbuh Hadrah.

Penulis :  Achmad Kusman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?