Tanggap, Dinas PUPR Luwu Tinjau Langsung Jembatan dan Irigasi Rusak Diterjang Banjir

0

TNO, LUWU – Bencana Banjir yang melanda sebagian Wilayah Kabupaten Luwu pada Sabtu (28/8/21) lalu, disebabkan tingginya curah hujan di hulu beberapa hari terakhir hingga kini.

Selain merendam ratusan Rumah warga serta sejumlah Fasilitas Sosial, beberapa Infarstruktur Jembatan yang menjadi akses penghubung antar Desa dan irigasi warga juga turut mengalami kerusakan.

Plt. Kadis PUPR, Ir. Ikhsan Asaad, ST.,MT., setelah menerima laporan dari masyarakat terkait adanya beberapa Jembatan dan Irigasi yang rusak parah diterjang banjir bandang langsung bergerak cepat.

Didampingi Kabid Pembangunan Jalan dan Jembatan, Ir. Usdin Iskandar, ST., serta sejumlah Tim Teknis Dinas PUPR, Kadis Ikhsan Asaad mendatangi dua titik lokasi yang berbeda, Selasa (31/8/2021).

Dimulai dari Desa Malela Kecamatan Suli, Tim Teknis Dinas PUPR mendatangi Jembatan Gantung yang amblas.

Jembatan yang sempat viral tersebut setelah diunggah salah seorang warga melalui Medsos, akun Facebook memang sangat memprihatinkan. Seluruh lantai Jembatan telah hilang tersapu air. Padahal jembatan yang berada di Dusun Tirowali itu merupakan akses penghubung antar Desa.

Dari Malela, Tim Dinas PUPR melanjutkan ke Desa Riwang Selatan, Kecamatan Larompong. Sebuah Jembatan Beton yang dibangun melalui Program PNPM Tahun 2012 lalu juga mengalami Rusak Berat.

Selain itu, di lokasi yang sama, sebuah Plat Duiker yang menghubungkan Desa Riwang Selatan dengan Desa Malewong juga ambruk disapu banjir.

Menurut Kadis Ikhsan Asaad, Jembatan dan Irigasi yang mengalami kerusakan akibat banjir telah diinventarisasi dan ditinjau langsung untuk melihat kondisi kerusakannya.

Bahkan tim perencanaan teknis dari Dinas PUPR telah melakukan pengukuran dan pengambilan data lapangan sebagai acuan dalam menyusun estimasi anggaran.

Tampak sejumlah Tim Teknis Dinas PUPR, Kadis Ikhsan Asaad mendatangi Dua titik lokasi yang berbeda, Jembatan dan Irigasi yang mengalami kerusakan akibat banjir Selasa (31/8/2021).

“Kita akan mengupayakan agar semua kerusakan terhadap infrastruktur ini baik jembatan maupun irigasi dapat terakomodir di anggaran tahun mendatang” Kata Kadis Ikhsan.

Selain jembatan, Tim Teknis PUPR Bidang Sumber Daya Air (SDA) (Hendra Haruna) juga telah melakukan peninjauan terhadap kerusakan Saluran Irigasi di Kecamatan Bajo Barat.

Tim yang dipimpin Kabid SDA, Hendra Haruna, ST telah melakukan inventarisasi terhadap volume kerusakan yang terjadi di lapangan.

Rilis : Mus-95
Editor : AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?