Sukses Program Pamsimas, Parigi Moutong Sabet Peringkat II se-Sulteng, 3 Desa Raih Penghargaan

0

TNO, PARIMO SULTENG – Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) meraih Peringkat ke II dalam Pengelolaan Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) di Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2021.

Penghargaan yang diraih Kabupaten Parigi Moutong diserahkan langsung oleh Gubernur Sulawesi Tengah, yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra, kepada Bupati Parigi Moutong, yang juga diwakili Kepala Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan, S.KM.,M.Kes, pada kegiatan Workhsop Evaluasi dan keberlanjutan Program Pamsimas, bertempat di Hotel Coco Palu, Kamis (14/10/21).

Kepala Bappelitbangda, Irwan mengatakan, keberhasilan pemerintah kabupaten Parigi Moutong dalam pengelolaan program Pamsimas III adalah kerjasama dari beberapa OPD diantaranya Bappelitbangda, Dinas PUPRP, Dinas Kesehatan, Dinas PMD yang tergabung pada Tim Pokja AMPL, serta peran yang sangat besar dari koordinator Kabupaten, fasilitator senior dan fasilitator masyarakat dalam pengelolaan program Pamsimas III yang ada di Kabupaten Parigi Moutong.

“Secara umum Kabupaten Parigi Moutong mendapatkan nilai 99,1 persen dari Key Performance Indikator (KPI) program Pamsimas” Jelas Irwan.

Tampak kanan, Kaban Bappelitbangda Parigi Moutong, Irwan, S.KM,.M.kes Saat menerimah penghargaan pengololaan Pamsimas.

Lanjut Irwan, dari 11 KPI yang ada Kabupaten Parigi Moutong hanya belum mencapai di Dua KPI yaitu KPI 1 terkait Akses Air Minum pada target 164.016 Capaian 161.841 (99%) dan KPI 3 terkait pengelolaan SAM target 90 persen Capaian 85.4 persen.

Kata Irwan hal itu yang akan menjadi target perbaikan oleh Kabupaten untuk dapat mencapai target capaian KPI tersebut.

Harapannya kata Irwan, semua OPD terkait dan tim konsultan dan fasilitator dapat bekerjasama serta tidak lupa dukungan dari Pemerintah Desa untuk terlibat lebih aktif dalam menunjang keberlanjutan program Pamsimas.

Lanjut Irwan, selain penghargaan peringkat terbaik II dalam pengelolaan Pamsimas, juga terdapat 3 (tiga) Desa yang mendapatkan penghargaan atas pengelolaan program Pamsimas yaitu, Desa Muara Jaya, Desa Nambaru dan Desa Dongkas.

Desa-desa itu sambung Irwan, dinilai telah berhasil mengelola sistem Penyediaan Air Minum yang telah dibangun oleh program Pamsimas.

“Hal ini juga tidak terlepas dari peran penuh pemerintah Desa dalam mendukung keberlanjutan program baik dari sisi pendanaan maupun dari sisi regulasi Perdes” Ujarnya.

Rilis : Kominfo Parimo
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?