Sekda Parimo Lakukan Rapat Kesiapan Pengamanan Arus Mudik, Sambut Idul Fitri 1442 H

0

TNO, PARIMO SULTENG – Sekertaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong Zulfinasran, S.STP.,M.AP memimpin rapat kesiapan pengamanan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Kerja Sekda Parigi Moutong, Selasa (27/4/2021).

Rapat kesiapan pengamanan dalam rangka menjelang hari raya Idul Fitri, dan juga menindaklanjuti surat edaran Pemerintah Provinsi terkait larangan mudik yang ditetapkan oleh pemerintah pusat mulai tanggal, 6-17 Mei 2021 mendatang.

Kabag Ops Polres Parigi Moutong, AKP Junus Achpah menyampaikan bahwa untuk menyambut hari raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H. Khususnya pihak polri pada tahun ini dihadapkan dengan berbagai permasalahan diantaranya, mengatasi arus mudik maupun arus balik agar tetap aman dan lancar, dan yang paling terpenting terhindar dari penularan covid-19.

Junus Achpah, menyampaikan sesuai arahan Biro Ops Polda Sulteng, menginstruksikan terkait pengamanan arus mudik dan arus balik lalulintas khususnya di wilayah Parigi Moutong, Polres Parimo telah menempatkan 6 (enam) titik Pospam yang terbagi diantaranya, di Kecamatan Moutong yang berbatasan dengan Provinsi Gorontalo, Kecamatan Mepanga, berbatasan dengan Kabupaten Toli-Toli, Kecamatan Kasimbar berbatasan dengan Kabupaten Donggala, Kecamatan Parigi Utara berbatasan dengan Kota Palu, Kecamatan Parigi Kota, dan Kecamatan Sausu yang berbatasan dengan Kabupaten Poso.

Junus Achpah menambahkan, “agar menyamakan persepsi bersama pemda dalam 6 titik Pospam yang ada di wilayah Parigi Moutong dan Polres Parigi Moutong akan menurunkan beberapa personil yang tentunya juga tergabung dengan satuan TNI, dan Jajaran pada Dinas terkait”. Ujar junus.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Parimo, Arman, S.Pd.,M.Si dalam rapat tersebut juga menyampaikan kesiapannya dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri. Dishub Parigi Moutong telah melakukan upaya sebelumnya, yaitu mengikuti rapat bersama dan menindaklanjuti keputusan rapat yang telah dilakukan oleh Dishub Provinsi terkait persoalan mudik.

Arman mengatakan, merujuk tentang tiga surat edaran. Yang pertama, terkait adanya surat edaran Satgas covid-19 Sulteng No. 13 tahun 2021 Tentang Peniadaan Mudik Hari Raya. Kedua, Peraturan Menteri Perhubungan No. 13 Tahun 2021 Tentang Pengendalian Transportasi Selama Masa Idul Fitri, dan yang ketiga, Surat Edaran Menpan No. 8 Tahun 2021 Tentang Pembatasan Bepergian Keluar Daerah, Pemprov melakukan Aglomerasi Draf Penataan Wilayah.

Dishub Parimo saat rapat bersama Dishub Provinsi Sulteng menyimpulkan dan berupaya agar Parigi Moutong bisa dimasukan dalam draf penataan wilayah dalam satu klaster, yaitu klaster Aglomerasi Padagimo (Palu, Donggala, Sigi, Parigi Moutong). “Menurut Arman, ini diambil atas dasar jarak tempuh yang berdekatan dengan Kota Palu, Sigi, dan Donggala, dan masukan ini telah diterima, sisa menunggu hasil keputusan dari Gubernur Sulteng.” Tuturnya.

Sekda Parigi Moutong, Zulfinasran, S.STP.,M.AP selaku Pimpinan Rapat mengatakan sangat berharap kepada dinas terkait, dan juga Polri, TNI agar segala sesuatu yang dibutuhkan dalam operasi pengamanan di setiap Pospam benar – benar dipersiapkan.

“Semua kebutuhan mulai dari Alkes seperti, APD, masker, obat -obatan, mobil ambulance darurat dan kelengkapan lainya juga harus dipersiapkan stoknya mulai dari sekarang.” Pintanya.

Turut menghadiri rapat Kadis Perhubungan Parimo, Kabag Ops Polres Parimo, KasatPol PP, Kalak BPBD, Kabid Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan serta jajaran OPD pemda terkait.

Rilis : Humas Parimo
Editor : MH/MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?