Sejumlah OPD Pemda Parimo Ikuti RPP-GTRA, Penertiban Hutan Kawasan dan HGU

0

TNO, Parimo Sulteng – Sekertaris Daerah Parigi Moutong (Sekda Parimo) Zulfinasran, S.STP,M.AP, memimpin Rapat Persiapan Pembentukan Gugus Tugas Reforma Agraria (RPP-GTRA) Kab Parimo, yang dilaksanakan di Aula pertemuan kantor Bappelitbangda, Selasa (16/2/2021).

Rapat tersebut juga dihadiri: Kepala Seksi Penataan dan Pemberdayaan Kantor Pertanahan, Kabag Pemerintahan Umum, Kabag Hukum dan Perundang-Undangan, Kadis PUPR, Kadis Lingkungan Hidup (LH), Kadis PMPD, Kadis Ketenaga kerjaan dan Transmigrasi, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Pertanian, Kepala Kantor Bappelitbagda dan Kadis PTSP.

Selain itu dari Instansi Vertikal juga turut hadir: Kepala Kantor Pertanahan, Kabag Tata Usaha Kantah Parimo, Kasi Survei Pemetaan, Kasi Penetapan Hak dan Pendaftaran, Kasi Pengadaan Tanah dan Pengembangan, Kasi Pengendalian dan Penanganan Sengketa, Kasubsi Penataan dan Pemberdayaan, Analisis Pertanahan serta Seksi Penataan dan Pemberdayaan.

Dalam rapat disampaikan Sekda mengatakan nantinya akan mencoba menetapkan kawasan-kawasan, diantaranya kawasan hutan yang sekarang ini masih ada masyarakat kita yang mengelolah seperti berkebun masuk dalam kawasan tertentu.

Lanjut sekda, selain itu, ada juga kasawan lain seperti HGU (Hak Guna Usaha) yang sudah tidak diharapkan lagi seperti yang ada di kecematan Taopa yang sudah habis masa berlakunya (HGU).

Sekda juga menjelaskan bahwa, ada kawasan HGU lain yang nanti tidak bisa dilanjutkan, karena ada beberapa kawasan lain yang di kuasai oleh pemerintah pusat.

“ Inilah kendala kendala yang perlu ditertipkan dan untuk OPD terkait untuk bisa memulai menertipkan kembali satu persatu,” Ujar sekda.

“Dengan melihat situasi yang ada, perbaikan yang harus dilakukan tentunya ialah perbaikan perubahan data, saya berharap kabag PUM agar bisa mengkoordinir hal ini,” Tandasnya.

Selain itu Sekda juga mengatakan ada beberapa poin yang perlu segera dilakukan, utamanya penerbitan SK dan pembentukan tim yang akan menangani hal ini.

“ Kita maksimalkan dulu dan kita upayakan tupoksi masing-masing OPD sehingga instansi ini betul-betul real dan jelas apa yang akan kita lakukan,” Tuturnya

Sekda berharap, setiap OPD yang ada untuk agar membentuk tim kecil untuk menghimpun beberapa kepentingan data yang di butuhkan.

Informasi dari BPN kata sekda, sangat dibutuhkan untuk di sampaikan kepada masing-masing OPD, sehubungan data apa saja yang harus disiapkan, mengenai informasi ataupun surat dan lain-lain, yang diperlukan dalam pelaksanaan kegiatan GTRA ini.

“ Saya berharap kepada masing-masing OPD, memberikan informasi berkaitan dengan aset-aset yang ada dilapangan, yang mungkin bisa diserahkan masyarakat atau kelompok tertentu, yang belum memiliki akses,” Himbau Sekda.

Rilis : Humas Parimo
Editor : MH/MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?