Safrudin Mahyudin : Porang, Tanaman Emas Yang Bisa Membuat Masyarakat Sejahtera

0

TNO, DONGGALA SULTENG – Program Pecanangan Kawasan Pembibitan Porang Sulteng diapresiasi berbagai pihak, salah satunya, Safrudin Mahyudin, yang tak lain Anggota DPRD Donggala pada Komisi I Fraksi Golkar.

Safrudin, salah satu putra daerah sangat antusias dan mendukung secara formal dan formil demi untuk memberikan motifasi untuk masyarakat Donggala, dalam mensukseskan kegiatan Seminar Porang dan Pembangunan Kawasan Industri desa/pedesaan, serta pencanangan kawasan dan pusat pembibitan Porang di Sulawesi Tengah, yang dilaksanakan di Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, Kab. Donggala baru – baru ini, Minggu (4/4/21) di Tambu.

Safrudin Mahyudin, kepada media ini mengungkapkan, bahwa masyarakat masih banyak belum mengetahui apa dan bagaimana itu tanaman porang, Jelasnya. Porang adalah tanaman umbi-umbian, yang mana tanaman porang saat ini masih sangat populer diperbincangkan masyarakat indonesia, sehingga sangat berpotensi dijadikan suatu usaha untuk mendorong semangat masarakat Donggala, khususnya masyarakat tani yang memiliki lahan non produktif menjadi produktif, ”Ungkapnya. Selain itu, kita akan memberikan support atas terbentuknya kawasan industri desa/pedesaan yang berbasis pertanian yakni, satu kawasan khusus terhadap aktivitas ekonomi yang dikelolah secara terorganisir dan terintegrasi melalui lintas desa yang meliputi kawasan pengelolaan, pembangunan dan proses produksi yang dikelolah di desa.”Terang Safrudin Mahyudin.

Kepopuleran tanaman porang berbasis bisnis primadona era 2020, banyak manfaat dan kandungan yang pada porang, dimana asal porang asli tanaman lokal indonesia, dari hasil penelitian menunjukkan, bahwa porang memiliki kandungan glucomannan/konjac glucomannan (KGM), bisa diolah menjadi berbagai macam makanan dan obat–obatan, yang berperan sebagai bahan pengganti kandungan karbohidrat, karbohidrat yang terdapat pada umbi porang yang mencapai lebih dari 80% menjadikan karbohidrat komponen terpenting di dalam tanaman ini, selain jadi bahan makanan juga bermanfaat dalam industri farmasi, bahan industri tekstil konstruksi dll.

Tanaman porang (Amorphophallus Oncophyllus Muelleri Blume) merupakan umbi-umbian yang termasuk dalam famili Areaceae dan umumnya tumbuh di hutan.

Mengetahui banyaknya kandungan dan manfaat yang bernilai ekonomi pada tanaman ini, maka tentunya layak untuk dibudidayakan, seperti tanaman budidaya lainnya, tanaman porang membutuhkan naungan agar pertumbuhannya lebih baik , naungan yang bercocok untuk tanaman porang, adalah pepohonan jenis Jati dan sono. Sifat khusus tanaman ini, yang harus diperhatikan adalah mempunyai toleransi yang sangat tinggi terhadap naungan atau tempat teduh meski dapat tumbuh dan pada ketinggian 700 di atas permukaan laut (DPL), namun paling banyak dibudidayakan pada ketinggian 100 sampai 600 DPL.

Lanjut Safrudin, program ini harus diapresiasi pemerintah, keterlibatan pemerintah sangat penting, industri jasa keuangan dan swasta dalam rangka mendukung rencana bisnis antar BUMDes dalam rangka pembangunan kawasan industri porang di kabupaten donggala diyakini akan meningkatkan taraf hidup masyarakat yang lebih baik.” Kunci Safrudin Mahyudin.

Penulis : Usman Yahya, SH
Editor : MU/AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?