Rakor RPJMD Parimo TA 2019-2023, Semua OPD Diminta Siapkan Renstra dan Renja

0

TNO, PARIMO SULTENG – Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Penyusun Dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) T.A 2019-2023, di Aula Bappelitbangda, Rabu (17/11/21).

Dalam Rakor tersebut membahas tentang Rencana Strategis (Renstra) dan Rencana Kerja (Renja), Renstra merupakan komponen penting dalam manajemen sebuah Organisasi (Kementerian/Lembaga/Perangkat Daerah, dan Sekolah) karena menjadi panduan dan pedoman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan stakeholder. Rencana tersebut disusun dan dilaksanakan oleh para manajer puncak dan menengah untuk mencapai tujuan Organisasi yang lebih luas.

Untuk itu dalam penerapannya di dalam sebuah Organisasi, Pejabat tertinggi perlu membuat suatu perencanaan strategis yang mana dikoordinasi dengan para Pegawai untuk dijalankan bersama demi mencapai suatu tujuan yang diinginkan dari sebuah Organisasi.

Rencana strategis sangat penting, sehingga harus dirancang sendiri masing-masing Organisasi dengan memperhitungkan kondisi nyata dan Sumber Daya yang dimiliki, untuk menjadi landasan dan pedoman kerja bagi setiap Pegawai dalam menjalankan tugas dan fungsinya (tupoksi).

Tampak dari kiri, Kabid Dalvas Iqbal Karim, S,IK., Kaban Bappelitbangda Parimo, Irwan, S.KM.,M.Kes., tim ahli Narasumber, Dr H Yunus Sading, SE.,M.Si., DR Andi Rahmawati Tombolotutu, SE.,M.Si., dan Moh Ahlis Jirimu, PhD.

Kabid Perencanaan Makro Pengendalian dan Evaluasi, Iqbal Karim, S,IK membeberkan kepada media ini, bahwa mulai saat ini semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diminta segera menyiapkan dokumen Renstra dan Renja masing-masing.

Lanjut Iqbal, “Terutama Renstra OPD sangat diharapkan untuk bisa mendukung visi-misi Bupati sebagaimana yang tertuang dalam RPJMD.

  1. Mewujudkan Pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Good Governance).
  2. Meningkatkan Kuwalitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang berdaya saing berdasarkan keimanan dan ketakwaan.

Rakor ini dihadiri 21 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Parigi Moutong, dan Tim Ahli selaku narasumber di antaranya, DR H Yunus Sading, SE, M.Si, DR Andi Rahmawati Tombolotutu SE, M.Si, Moh Ahlis Jirimu, PhD.

Penulis : Moh Amin Pasau

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?