PUPR Luwu Sukseskan Peningkatan Akses Jalan Latimojong Sebagai Pencanangan Kawasan Agrowisata

0

TNO, LATIMOJONG LUWU – Bupati Luwu, DR H Basmin Mattayang hadirkan Plt Gubernur Provinsi Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman pada peresmian Pencanangan Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu sebagai Kawasan Agrowisata.

Kegiatan ini merupakan rangkaian agenda kunjungan kerja Plt Gubernur Sulsel di Kecamatan Latimojong, Sabtu (27/3/2021). Selain pencanangan kawasan agrowisata, Andi Sudirman Sulaiman juga melakukan peninjauan pembangunan ruas jalan Kadundung-Latimojong yang mendapat bantuan anggaran dari Pemerintah Provinsi Sulsel pada tahun 2020.

Pemkab Luwu mendapat dana hibah khusus dengan nilai Rp.25M T.A 2020 dari pemprov untuk peningkatan akses jalan latimojong.

“Dana hibah khusus dari pemprov untuk peningkatan akses jalan latimojong yang sebesar Rp.25M T.A 2020 lalu. Kita fokuskan di Latimojong sesuai arahan pak Bupati Luwu, ruas jalan yang saat ini sudah selesai dikerjakan di empat titik, ruas jalan di Desa Kadundung – Pajang dengan volume 8km lebih yang menelam dana sebanyak Rp 10 miliar, ruas Desa Pajang – Rante lajang 3 kilometer menggunakan anggaran Rp 5 miliar. Kemudian, ruas Desa Bone Posi – Rante Lajang volume 7 kilometer menghabiskan dana Rp 9 miliar dan Desa Pajang – Lambanan 2 kilometer dengan anggaran Rp 1 miliar lebih,” Urai Usdin kepada Teropongnews, Jum’at (26/3/2021).

Diketahui, dari empat (4) desa tersebut masing-masing dikerjakan oleh PT. Hikma Gemilang Konstruksi. di ruas Desa Kadundung – Pajang dengan volume 8 km dianggarkan sebesar 10 miliar lebih, dikerjakan oleh PT. Bumi Harapan. di ruas Desa Pajang – Rante Lajang dan di ruas Desa Pajang – Lambanan dengan total volume 5 km, dan total anggarannya sebesar 6 miliar lebih, serta ruas Desa Bone Posi – Rante Lajang dikerjakan oleh PT. Cipta. Agar dengan volume 7 km, yang dianggarkan sebesar 9 miliar lebih.

“Proyek ini sudah final, dan Alhamdulillah sejak dimulainya hingga saat ini berjalan lanjar dan aman, selain itu program ini sangat diapresiasi oleh masyarakat Latimojong khususnya,” Ungkap Usdin.

Tampak salah satu penanaman pohon mangga yang ditanam oleh rombongan Dinas PUPR Luwu.

Usdin menambahkan bahwa perkerjaan ini juga dalam pengawasan Anggota DPRD Luwu dan DPR Provinsi, masing – masing sudah melakukan kunjungan kerja pada pelaksanaan proyek tersebut, dan besok Sabtu (27/3/2021) Bupati Luwu akan menghadikan Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman dalam rangka peresmian pencanangan Kecamatan Latimojong Kabupaten Luwu sebagai Kawasan Agrowisata, yang juga akan dirangkaikan dengan penanaman pohon sepanjang jalan kadundung – pajang. Dimana kegiatan ini akan melibatkan seluruh OPD pemkab luwu untuk turut serta melakukan penanaman pohon yang masing – masing OPD menanam sebanyak tiga puluh (30) pohon, Buah buahan”. Kunci Usdin.

“Alhamdulillah, ini sudah menjadi komitmen kami berdua sejak dilantik menjadi gubernur dan wakil gubernur, hingga saya menjadi Plt gubernur untuk membuka akses-akses jalan diwilayah-wilayah terisolir di sulawesi selatan, terkhusus di kabupaten luwu dan wilayah luwu raya lainnya,” Kata Andi Sudirman Sulaiman.

Menurut Andi Sudirman Sulaiman, dalam perencanaan pembangunan, tentunya tidak semua dapat tersentuh, namun setidaknya wilayah-wilayah strategis menjadi prioritas pemerintah provinsi Sulsel.

“Komitmen kami diperlihatkan dengan kinerja nyata. Kita tidak melihat perwilayahan tetapi melihat aspek prioritas dan kebutuhan. Ini juga tidak terlepas dari upaya bapak Bupati Luwu yang terus menjalin komunikasi, bergerak bersama kami dan juga dukungan dari Anggota DPRD Provinsi Dapil Luwu Raya,” Lanjutnya.

Dengan pembangunan infrastruktur jalan yang memadai serta didukung dengan alam dan iklim yang sejuk, sehingga Kecamatan latimojong sangatlah tepat untuk dijadikan sebagai kawasan agrowisata.

“Ini latimojong berada diketinggian, cuacanya dingin karena curah hujan tinggi, sehingga sudah tepat dijadikan destinasi wisata atau kawasan agrowisata,” Ucapnya.

Bupati Luwu, H Basmin Mattayang pada kesempatan itu mengucapkan terima kasih kepada pemerintah provinsi Sulsel dan berharap pembangunan insfrastruktur jalan di latimojong tidak berhenti sampai disitu saja.

“Kami berharap kepada bapak gubernur, agar pembangunan ruas jalan latimojong ini tidak sampai disini saja tetapi dapat dilanjutkan dengan perkerasan dan pengaspalan, sehingga dampaknya terhadap perekonomian daerah dan kesejahteraan rakyat semakin maksimal,” Kata H Basmin Mattayang.

Bupati Luwu juga mengungkapkan, pencanangan kawasan agrowisata latimojong ditandai dengan penanaman bibit pohon buah-buahan disepanjang 20KM jalur Kadundung-Latimojong.

“Kami kerahkan seluruh OPD Lingkup Pemkab Luwu untuk menanam sebanyak 500 bibit pohon buah-buahan. Semoga ini dapat tumbuh semua dan dapat bermanfaat untuk kita dan generasi mendatang,” Jelas H Basmin Mattayang.

Agenda lain yang dilakukan oleh Plt Gubernur Sulsel adalah peninjauan vaksinasi covid-19 bagi tenaga guru, pelayan publik dan tokoh masyarakat di UPTD Puskesmas Latimojong.

Hadir dalam kegiatan tersebut Anggota DPRD Provinsi Sulsel Dapil Luwu Raya diantaranya; Fadriaty AS, Husmaruddin dan Jabbar Idris, hadir pula unsur Forkopimda Kabupaten Luwu dan para Kepala OPD Lingkup Pemkab Luwu.

Penulis : Achmad K To’laluasa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?