Pesta Panen di Toribulu, Suku Tajio Adakan ‘Funja’, Suku Bugis ‘Mappadendang’

0

TNO, PARIMO SULTENG – Warga Desa Toribulu, Kecamatan Toribulu, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, kompak melaksanakan Pesta Syukuran Pasca Panen, di Persawahan Toribulu, Minggu (31/10/2021).

Seperti biasanya setelah Panen Raya Padi usai, masyarakat Toribulu pada umumnya melaksanakan syukuran, yang sudah menjadi tradisi dari leluhur (adat), yang mana tradisi tersebut adalah Funja yang berasal dari warga lokal Suku Tajio, Funja sendiri dilaksanakan setiap pasca panen padi oleh warga lokal.

Hal yang menarik kali ini pada pelaksanaan funja, karena tahun ini dimana komunitas Warga Bugis yang ada di Toribulu juga secara serentak menyelenggarakan tradisi yang sama namun Suku Bugis menyebutnya ‘Mappadendang’. ‘Mappadendang’ sendiri dilaksanakan pada saat hasil panen melimpah ruah, atau setiap tiga kali panen.

Tampak Drs. H. Hamzah A Rauf sedang membaca doa barasanji. Tampak pula membelakang , Ahmad Dg Mabela beserta undangan Barasanji lainnya.

Menurut salah satu Pemangku Adat Bugis, H. Rudin kepada awak media TNO, bahwa ‘Mappadendang’ merupakan Tradisi Suku Bugis yang secara turun temurun dilaksanakan setiap tiga kali panen, ‘Mappadendang’ akan terus dilestarikan oleh masyarakat Bugis asal Sulawesi Selatan dimanapun kami bermukin selaku Komunitas Bugis, ini sebagai simbol menyampaikan rasa syukur kami kepada Allah SWT atas rezeki yang melimpah ruah melalui hasil Panen” Ungkap H Rudin yang juga merupakan salah satu tokoh Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS).

Tampak kades Toribulu kemeja putih menyaksikan pemotongan hewan pada acara adat Tajio “Bunja”.

Lanjut H Rudin, “Ini merupakan sebuah kerhormatan dan kebanggaan buat kami selaku komunitas warga bugis yang ada di desa Toribulu, karena kegiatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Parimo dari partai Gerindra, Ahmad Dg Mabela juga mantan Camat Toribulu, Drs. H. Hamzah. A. Rauf, pun segenap Pemerintah Desa (pemdes) Toribulu, yang telah mendukung penuh, sehingga kegiatan Funja dan Mappadengdang dapat terlaksana dengan baik”.

Tampak suasana Mappadendang oleh Suku Bugis yang diiringi dengan suara gendang.

Pada kesempatan yang sama Kades Toribulu, Yusuf Dg, Maliso, SE menyampaikan terima kasih kepada Ahmad Dg, Mabela, dan mantan Camat Toribulu, Drs. H. Hamzah. A. Rauf atas partisipasinya serta dukunganya, kami selaku pemerintah desa dan masyarakat bangga akan kehadirannya, dengan kehadirannya menjadi spirit bagi Petani Sawah di Desa Toribulu.

Turut hadir pada pesta syukur Funja dan ‘Mappadendang’ tersebut, Anggota DPRD Parimo Ahmad Dg Mabela, mantan Camat Toribulu Drs. H. Hamzah. A. Rauf, Kades Toribulu Yusuf Dg Maliso, SE, Wakil Ketua BPD Sahril Saru, Serta tokoh Adat dan tokoh Masyarakat serta segenap Petani se-Desa Toribulu.

Penulis : Abdul Thalip

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?