Perjuangan Bupati Berbuah Hasil, Kemenkes Siap Hadirkan Poltekkes di Parimo, Samsurizal : Insya Allah Tahun Depan

0

TNO, PARMO SULTENG – Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, akan membangun Universitas/Perguruan Tinggi Politeknik Kesehatan (Poltekkes) di Kabupaten Parigi Moutong. Berdasarkan data dari Pemerintah Parigi Moutong, akhirnya pihak Kemenkes RI mempertimbangkan permohonan Bupati Parimo, H Samsurizal untuk mendirikan Kampus Universitas Perguruan Tinggi Poltekkes, kini apa yang diperjuangkan oleh Bupati Parigi Moutong H Samsurizal Tombolotutu akan terwujud tentunya.

Dalam waktu dekat, Kampus Universitas Poltekkes rencananya akan dibangun di sekitar Rumah Sakit Raja Tombolotutu di Tinombo.

Pertimbangan Samsurizal untuk menghadirkan Poltekkes di daerahnya tentunya masih ada kendala, seperti Sumber Daya Manusia (SDM) para tenaga kesehatan yang masih jauh dari semestinya, hanya mengikuti pembekalan beberapa hari lalu kemudian langsung bertugas sebagai tenaga medis. Padahal kata Samsurizal, “Itu tidak diperbolehkan, sebagai tenaga medis diperlukan kedisiplinan ilmu tentang kesehatan yang memadai, tentunya kesemua itu didapatkan melalui Pendidikan Perguruan Tinggi Ilmu Kesaehatan yang sesuai dengan jurusan atau bidangnya,” Terang Samsurizal.

Pertimbangan lain Samsurizal, Parigi Moutong memiliki Empat Rumah Sakit (RS), termasuk Rumah Sakit Baznas, yang ada di Siniu, yang setingkat dengan Rumah Sakit Umum (RSU) baik dari sisi pelayanan maupun kelasnya.

“Melihat kondisi seperti ini, maka kita sangat membutuhkan fasilitas pendidikan Poltekkes,” Beber Samsurizal, Selasa (6/7/21).

Samsurizal berharap kepada Menteri Kesehatan RI, agar proses perkuliahan kesehatan dimulai tahun 2022 akan datang, dengan membuka Jurusan Keperawatan, Kebidanan, Farmasi/Apoteker, dan Teknik Laboratorium.

“Rumah sakit kita sudah memiliki beberapa Laboratorium, namun tenaga ahli masih sangat kurang. Inilah salah satu tujuan kami membangun Kampus Universitas Poltekkes,” Ucapnya.

“Saya pribadi meminta kepada Kementerian Kesehatan, agar proses pendidikan Poltek Kesehatan ini, akan dibuka tahun depan (2022 red), dan mengutamakan Jurusan Ilmu Keperawatan, Kebidanan, Farmasi/Apoteker dan Teknik Laboratorium, mengingat rumah sakit yang ada Parigi Moutong sudah memiliki fasilitas laboratorium, namun kita masih kekurangan tenaga ahli di bidang itu”. Ungkap Samsurizal.

Disamping itu, Samsurizal menghimbau kepada para dokter, jika proses perkuliahan Poltekkes dimulai, Samsurizal berharap agar para Dokter Ahli bersedia menjadi tenaga pengajar atau dosen di kampus tersebut.

Rilis : Kominfo Parimo
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?