Peringati 10 Muharram Ribuan Umat Muslim Gelar Pawai Obor Di Desa Tada

0

TNO, Parimo Sulteng – Untuk memperingati hari Asyura yang berarti hari kesepuluh menunjuk pada 10 Muharram pada penanggalan hijriah,  Majelis Asybaalul Khairaat Kabupaten Parigi Moutong bersama Laskar dan Banat Asybaalul Khairaat Kecamatan Tinombo Selatan menggelar pawai obor sembari berjalan kaki melewati beberapa Pedesaan dikecamatan Tinombo Selatan yang dipusatkan didesa Tada. Jumat (28/8/2020).


Tampak ribuan umat muslim itu sangat antusias untuk merayakannya, dimana pada peringatan 10 muharram tersebut merupakan momen yang istimewa dalam islam dan sebagai hari terpenting yang diberkati oleh Allah SWT untuk umatnya.

Dari hasil pantauan Media TN bahwa, pawai obor  yang digelar itu kali ini di mulai dari Desa Oncone Raya dan finish di Desa Tada, tampak peserta berjalan kaki memegang obor sembari melantunkan Syalawat melewati beberapa desa yang ada dikecamatan Tinombo Selatan.

Tak hanya itu selain pawai obor yang ditampilkan pada peringatan 10 muharram tersebut, tampak pula penampilan drum band dari berbagai siswa dan sisiwi umat muslim Kec. Tinsel sekaligus menjadi pusat perhatian warga setempat pada perayaannya.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan dipimpin langsung oleh Ustadz Mohammad Idris Tjanaba sebagai Dewan Pembina pihaknya menjelaskan,” Pawai obor 10 Muharram adalah salah satu bentuk perayaan yang bertujuan untuk merayakan lebaran anak yatim, yang menjadi program kerja dari Majelis Asybaalul Khairaat Parigi Moutong, yang dilaksanakan oleh Laskar & Banat Asybaalul Khairaat Tinombo Selatan yang dilaksanakan di Desa Tada,” Ucap Ustad Idris

Setelah melewati beberapa Desa pada saat peserta pawai finis di Desa Tada, Ustadz Idris juga menyampaikan bahwa,” jama’ah majelis membuat kegiatan seperti ini, karna Hari Ahad Tanggal 30 Agustus 2020 Majelis Asybaalul Khairaat akan membagikan santunan kepada seluruh Anak Yatim sekecamatan Tinombo Selatan dan beberapa Desa diwilayah Kecamatan Kasimbar, dan ini merupakan Program tahunan Majelis Asybaalul Khairaat Tinombo Selatan yang di gerakkan oleh Laskar & Banat Tinombo Selatan, dan Ini adalah merupakan murni perjuangan dari Laskar dan Banat Asybaalul Khairaat, tanpa ada Bantuan dari PEMDA & DPRD serta Perintah Kecamatan,” Ungkap Idris saat disambangi oleh awak media TN

Lanjutnya,” Dengan modal semangat kami mendapatkan hasil yang sangat memuaskan dan melebihi target yang di rencanakan dalam waktu 25 hari kami bergerak mencari Dana santunan ini siang dan malam.

Tampak foto ribuan umat muslim saat menggelar pawai obor peringati 10 muharram bertempat didesa Tada Kec. Tinombo Selatan pada jumat (28/8/2020).



“ Alhamdulillah kami menghasilkan Dana itu sebesar Rp. 274.292.000,- Dengan bermodalkan semangat dan berkat kerja keras dan ini merupakan hasil yg sangat luar biasa dalam pencapaian 25 hari.
“  Alhamdulilah Ternyata Asybaalul Khairaat Tinombo Selatan sudah mampu berbuat untuk Negeri ini dalam misi kemanusiaan.” Jelasnya

Idris pun menambahkan bahwa,”Seharusnya hal ini menjadi pusat perhatian dari bagian pemerintah juga, mengapa demikian!!! karena program seperti i ni demi kemajuan daerah kita dibidang ke agamaan sesuai dengan Visi Misi Kecamatan Tinombo Selatan yang menjadikan Daerah TINSEL yang Religius dan Agamais.” Tegas Idris

Ditambahkannya bahwa,“  untuk diketahui Laskar Dan Banat yang sudah bergabung di Asybaalul Khairaat Parigi Moutung ini kurang lebih 500 orang dalam waktu 2 bulan, 300 orang Laskar dan 200 orang Banat. dan Ini merupakan jumlah yg sangat signifikan pertumbuhannya di waktu 2 bulan terakhir ini sangat luar biasa.

“ Peserta pawai Obor adalah murni jama’ah majelis Asybaalul Khairaat yang tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Tinombo Selatan dan Kecamatan Kasimbar, dimana pada Peserta yg mengikuti pawai Obor kali ini tidak kurang dari 1500 orang yang senantiasa loyal terhadap Program yang di buat oleh Asybaalul Khairaat Parigi Moutong,” Ucapnya

Dengan suksesnya pawai obor yang digelar dalam peringatan 10 muharram tersebut Idris pun tak lupa mengucapkan rasa terimakasih kepada seluruh pihak yang turut melaksanakan kegiatan serta  pengamanan kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, Pawai obor 10 muharram kali ini sukses berjalan aman dan tertib, saya ucapkan terimakasih banyak kepada pihak yang turut melakukan pengawalan dan pengamanan yang terdiri dari, Babinkamtibmas, Sat Pol PP. Yang sudah mendukung kelancaran kegiatan sampai selesai. Tutup Ustad Mohammad Idris Tjanaba. (Ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?