Pemdes Libukang Gelar Musrenbang TA 2022 : Hasanuddin Utamakan Kebutuhan Warganya

0

TNO, Libukang Luwu – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) tingkat desa merupakan forum rembug warga desa yang wajib dilaksanakan disetiap daerah (desa), untuk membahas pembangunan potensi desa yang mengutamakan kebutuhan warga agar teridentifikasi dengan baik. Selain itu forum musrenbang diharapkan melahirkan gagasan dari para perwakilan masyarakat untuk mengusulkan program yang menjadi skala prioritas, dan memaksimalkan potensi yang dimiliki desa sebagai dasar program kerja pemerintah Desa, dalam menetapkan aggaran kegiatan tahunan desa.

Untuk mengawali kegiatan didesanya tahun ini (2021 red), Pemerintah Desa (Pemdes) Libukang, Kecamatan Kamanre, Kabupaten Luwu, tengah melaksanakan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) Desa, untuk TA 2022. dimana pada kegiatan tersebut yang bertujuan untuk menetapkan program skala prioritas, yang direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan yang akan dating (2022).

Acara tersebut dilaksanakan di aula kantor desa libukang yang dihadiri oleh, Sekcam Kamanre, Ambotuo, kades Libukang H Hasanuddin, Ketua BPD libukang, Bhabinkamtibmas Suparman, PDTI Idha, ST, Para Kadus serta para tokoh masyarakat. Rabu (20/01/2021).

Pada kesempatan itu Ambotuo selaku perwakilan pemerintah kecamatan kamanre, menyampaikan beberapa masukan kepada seluruh undangan rapat dan elemen masyarakat desa Libukang bahwa, “Rencana pembangunan desa untuk tahun depan harus perlu memilah kebutuhan mana yang lebih mendesak itu yang di prioritaskan, jadi kita perlu ada keseimbangan fisik prasarana dan pembangunan manusianya (SDM red),” Ungkap Ambotuo.

“ Kita juga harus ketahui bahwa, mengingat saat ini adanya musibah pada dunia kesehatan pandemi covid 19, kita diharapkan kepada semua warga dan masyarakat agar mematuhi protokol kesehatan yang diterapkan oleh pemerintah,” Ajak Sekcam.

Tak hanya itu, selain untuk membahas tentang musyawarah perencanaan pembangunan desa TA 2022 yang bersumber dari APBN, APBD Provinsi dan Kabupaten, pemdes libukang juga melaksanakan pembentukan tim delegasi musyawarah kecamatan, serta hasil validasi KPM BLTDD TA 2021 dan pembahasan APBDes TA 2021.

Idha, ST, selaku Pendamping Desa Tehknik Infrastruktur (PDTI) pada kesempatan itu membeberkan bahwa, “Usulan dari masyarakat kita bisa mengajukan pembangunan ini yang sudah diprioritaskan, sebelumnya tidak demikian, “kata Idha, baik itu tingkat kabupaten, provinsi ataupun pusat, sehingga itu bisa menjadi satu kesatuan dalam pembangunan,” Terangnya

” Perlu diketahui bahwa dalam pembangunan desa tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa kerjasama semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan dan pemerintah desa, maka dari itu, inilah tujuan dari musrenbang bahwa, kita harus menyepakati prioritas pembangunan yang ada didesa, yang menjadi kewenangan daerah maupun pusat, dan pada musrenbang di tingkat kecamatan untuk diusulkan menjadi kegiatan yang dibiayai oleh APBD kabupaten ataupun provinsi dan pusat,” Urainya.

Sementara Kades Libukang, H Hasanuddin, juga mengutarakan pendapatnya bahwa, “Musrenbang kali ini kita harus betul-betul bekerjasama dalam mengusulkan pembangunan desa, seluruh komponen masyarakat dan pemerintah kita libatkan, sehingga nantinya akan tercipta pembangunan yang menjadi skala prioritas khususnya di desa libukang sesuai dengan usulan yang kita sepakati bersama,” Sambung Hasanuddin

” Perlu diketahui bahwa kebutuhan yang sangat mendesak didesa libukang sangat banyak, terkait dengan infrastruktur, baik itu perintisan jalan dan peningkatan jalan, juga Penerangan Jalan Umum (PJU), draenase, rehab rumah dan lain-lain. Untuk itu semoga apa yang sudah menjadi kesepakatan kita, kita tetapkan dalam daftar usulan pembangunan atau RKP Desa, kita berharap semua akan bermanfaat bagi masyarakat desa Libukang,” Harapnya

” Terimakasih kepada seluruh pihak yang hadir dan mensukseskan kegiatan musrenbang desa Libukang untuk perencanaan TA 2022″. Tutup Hasanuddin, Kades Libukang yang dua periode itu.

Untuk diketahui Sumber pendapatan Anggaran Pusat Belanja Negara (APBN) DD dan APBD ADD Libukang untuk TA 2021 sebesar Rp 1.155.376.000,-, ADD Rp 319.017.000,-, DD Rp 823.497.000,-

Rilis : Edho
Editor : AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?