Pemdes Komsel Launching ATM Layanan Mandiri Desa Pertama Di Luwu Pada Lomba KIP Desa Tingkat Kabupaten Luwu

0
Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Ibu Erny Veronica Maramba, SH, M.Hum bersama Tim dan Kades Komba Selatan Launching ATM Layanan Mandiri Desa Pertama Di Luwu

TNO, Larompong Luwu – Pemerintah Desa Komba Selatan (Komsel) Mendapat Giliran Proses Penilaian Pada Lomba Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Desa, Tingkat Kabupaten Luwu Tahun 2020 Mewakili Kecamatan Larompong. Kegiatan Ini Dimulai Pada Pukul 11.00 Wita, Setelah Tim Penilai Melakukan Kunjungan Ke Desa Temboe Kecamatan Larompong Selatan. Bertempat di Kantor Desa Komba Selatan, Sabtu (05/12/2020) siang kemarin.

Pada saat prosesi penyambutan Tim oleh Pemdes Komba Selatan dan unsur Tripika Kecamatan Larompong, terlihat hadir Kajari Luwu Erny Veronica Maramba, SH, M.Hum (Selaku Ketua Tim Juri KIP Desa Kab. Luwu Tahun 2020), Wakil Ketua II DPRD Luwu Zulkifli, ST, M.Si, Kepala BPKD Kab. Luwu Moch Arsal Arsyad, Kasi Pidsus Kejari Luwu Eka Hariadi, SH, Wartawan Palopo Pos Irfan Khairuddin.

Pada saat Tim Penilai melakukan kunjungan di kantor Desa Komsel, Kedes Komsel Haryanto bersama Sekdes Ardi Andra, S.Pd dan beberapa Aparat desa lainnya, saat Tim mengajukan beberapa pertanyaan seputar proses pelayanan kepada warga desa, dan seketika dijawab oleh kades yang didampingi sekdesnya, mampu memberikan jawaban yang cukup baik, hingga SOP Kerja yang diterapkan Pemdes Komsel selama ini dalam pelayanan prima kepada publik.

Disaat bersamaan pemdes komsel pemperlihatkan kepada tim dewan juri salah satu mesin berbentuk ATM, ditutup dengan kain dan Ibu Kajari pun mempertanyakan apa benda tersebut dan kegunaannya ? Kades kemudian menjawab bahwa, inilah salah satu karya dan inovasi Desa Komba Selatan dalam memberikan Pelayanan Publik Terbaik bagi warga dengan menghadirkan Anjungan Layanan Mandiri Desa yaitu, sebuah mesin yang terkoneksi dengan Website Desa, dimana warga yang sudah terdata didalam sistem informasi desa di website bisa melakukan proses pelayanan secara mandiri, tanpa harus repot ke kantor desa, ketika sedang berada diluar desa/kota namun membutuhkan pelayanan Dokumen, seperti cetak KK dan lain sebagainya dari Pemerintah Desa Komba Selatan.

Pada kesempatan tersebut, secara resmi pihak Pemdes Komba Selatan meminta kesediaan Kejari Luwu Erny Veronica Maramba dan Tim berkenan membuka penutup ATM Layanan Mandiri Desa sekaligus tanda dimulainya pelayanan mandiri desa pertama di Kabupaten Luwu dimana sistem ini hanya membutuhkan NIK KTP Warga + Pin yang diberikan oleh Operator Desa/Staf sebagai bagian dari pemberdayaan SDM dan kontrol perekaman data pelayanan desa dalam sebuah sistem yang dikelola sendiri oleh Desa.

Selain itu, Kepala Desa dan Sekdes Komba Selatan juga menjelaskan selama ini semua informasi kegiatan dan pembangunan desa sudah dipublikasikan melalui Website Desa dan Akun Media Sosial resmi milik Desa termasuk Aplikasi Layanan Online dengan menggunakan Scan Barkode yang terhubung ke aparat desa dan beberapa Tripika Kecamatan Larompong serta Pengaduan atau Aspirasi Warga secara Online baik ke Aparat Desa maupun BPD Desa termasuk terhubung langsung dengan pihak keamanan setempat jika terjadi ganguan Kamtibmas.

Tampak foto bersama tim Penilai Lomba KIP Desa Tingkat Kabupaten Luwu Tahun 2020 bersama Pemdes Komba Selatan dan Tripika Kec. Larompong usai kegiatan

Diakhir kegiatan para tamu dijamu makan siang bersama sebelum Tim Penilai KIP Desa melanjutkan kunjungan ke lokasi lainnya. Pihak Pemdes Komba Selatan beserta warga dan Tripika Kecamatan Larompong menyampaikan terima kasih atas proses penilaian ini, semoga hasil dari paparan dan inovasi KIP desa Komba Selatan ini bisa memuaskan Tim Penilai dan Warga Desa pada khususnya yang mereka banggakan.

Rilis: Aziz Aripuddin
Editor: Achmad Kusman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?