Pemdes Dadeko Tuntaskan 3 Item Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

0

Pemdes Dadeko Tuntaskan 3 Item Program Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa

Dongkrak Hasil Panen Pertanian Masyarakat, Pemdes Dadeko Dibawah Kepemimpinan Junuddin Sukses Tuntaskan Kegiatan Pembangunan Saluran Irigasi Demi Kesejahteraan Masyarakat.

TNO, Luwu – Pemerintah Desa (Pemdes) Dadeko, Kecamatan Larompong Selatan, Kabupaten Luwu tuntaskan Program Pembangunan dan Pemberdaan masyarakat Desa (P3MD) yang bersumber dari Anggaran Pusat Belanja Negara (APBN) Dana Desa (DD) T.A 2020.

Adapun bidang pelaksanaan Pembangunan Desa Dadeko yakni kegiatan pembangunan saluran irigasi dengan volume 450 meter, pembangunan tersebut dibiayai melalui Dana Desa sebesar Rp 430.562.000,- berlokasi didusun Damaci Desa Dadeko. Kamis (20/8/2020).

Peruntukkan pembangunan fisik itu yang taik lain adalah sebagai upaya untuk kebutuhan dalam peningkatan perekonomian masyarakat khususnya kepada para petani yakni dengan memberdayakan masyarakatnya untuk memperkuat daya tahan ekonomi Desa dan pendapatan masyarakat.

Dengan dituntasnya pembangunan yang dikerjakan dengan sistem padat karya tunai, Pemdes Dadeko dibawah kepemimpinan Drs. Junuddin, lebih fokus untuk meningkatkan lagi pembangunan yang didominasi petani agar hasil pertanian masyarakat lebih meningkat kedepannya.

Diketahui bahwa selain pembangunan saluran irigasi yang dibangun, Pemdes Dadeko juga membangun Talud didusun Dadeko dengan volume 0.7x 122 meter, pembangunan tersebut juga dibiayai dengan APBN Dana Desa sebesar Rp 63.970.000,- dan 1 unit pembangunan Plat Duecker didusun Tobilla.

Ketiga item pembangunan fisik itu telah dituntaskan demi kesejahteraan masyarakat didesanya, melalui hasil musyawarah dusun (Musdus) hingga ke tingkat musdes yang tertuang dalam RPJMdes tahun anggaran 2020 yang dihadiri oleh tokoh masyarakat, Ketua BPD beserta masyarakat Desa Dadeko.

Kades Dadeko Drs. Junuddin saat dikonfirmasi diruang kerjanya oleh awak media dalam kesempatan itu pihaknya mengatakan,” Salah satu program untuk mendukung ketahanan pangan nasional, serta upaya peningkatan kemampuan ekonomi dan kesejahteraan melalui pemberdayaan masyarakat yakni dalam membangun saluran irigasi secara partisipatif.

“ Keberadaan saluran irigasi ini sangat dibutuhkan oleh petani, dimana terlihat lahan puluhan hektar sawah miliknya untuk dapat dialiri air dari saluran irigasi tersebut sehingga petani dapat bercocok tanam dengan baik.

Tampak foto Pembangunan saluran irigasi Dana Desa Dadeko T.A 2020 berlokasi didusun damaci yang dituntaskan dalam mendongkrak hasil pertanian demi kesejahteraan masyarakat

Ditambahkannya “ Peran serta masyarakat sangat penting untuk kita libatkan dalam transparansi penggunaan Dana Desa ini, termasuk ketua TPK dan masing masing Kepala Dusun didaerahnya yang kita hadirkan beserta masyarakat yang ikut kita berdayakan secara swakelola dalam system padat karya tunai.

“ Tentu dalam hal ini bertujuan untuk peningkatan pangan masyarakat, demi terwujudnya Pemdes Dadeko sukses membangun sejumlah infrastruktur demi kesejahteraan masyarakat,” kata Junuddin

Junuddin pun menambahkan,“ Tidak hanya itu kita juga membangun 1 unit plat duecker didusun Tobilla dan pembangunan talud didusun Dadeko, masing masing kita anggarkan melalui dana desa berdasarkan musyarawah yang disepakati bersama masyarakat dan ketua BPD.

Lanjutnya,” Sebagai pelayanan masyarakat, mudah-mudahan kita bisa mendongkrak hasil panen pertanian masyarakat ditahun ini, mengingat rata rata mata pencaharian masyarakat Desa Dadeko adalah bertani,”ucap Junuddin saat dikonfirmasi diruang kerjanya

Diketahui bahwa satu satunya Kepala Desa yang menjabat kurang lebih dua puluh tahun dikecamatan larompong Selatan yakni Drs Junuddin, sudah tidak diragukan lagi bahwa kepemimpinan yang bijaksana dan bermartabat itu sudah tak asing lagi dimata masyarakat.

Kepemimpinan Junuddin yang dinahkodai sebagai Kades Dadeko juga dikenal sebagai pelayanan masyarakat yang tak tanggung-tanggung untuk menyelesaikan suatu problema ditengah masyarakatnya.

Bentuk kepeduliaan ditengah masyarakat serta keterbukaan dalam pelayanan publik, Pemdes Dadeko patut diapresiasi dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab dalam menyelenggarakan pemerintahan desa,melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat. .

Disela-sela kesibukannya itu saat dikonfirmasi oleh awak media, Junuddin pun mengatakan bahwa,” memasuki masa orde baru dalam kepemimpinan sebagai Pemdes Dadeko, alhamdulillah kami tidak pernah mendapat persoalan ataupun bertentangan dimasyarakat dalam pelayanan kami.

“ Semoga hubungan antar Pemdes Dadeko bersama masyarakat dapat terjalin dengan baik, sehingga Pemdes Dadeko dapat bekerja secara optimal dalam menuntaskan segala program-program dan anggaran demi kesejahteraan masyarakat dalam membangun desa,” Tutup Kades Dadeko Drs, Junuddin. (Edo)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?