Pemda Parimo, PA, dan Kemenag Tanda Tangani MoU Pelayanan Terpadu Sidang Keliling, Wabup : Data Masyarakat Harus Konkret

0

TNO, PARIMO SULTENG – Pemerintrah Daerah Kabupaten Parigi Moutong (Pemda Parimo) melakukan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau biasa disebut Nota Kesepahaman Bersama Tentang Pelayanan Terpadu Sidang Keliling dalam Rangka Penerbitan Buku Nikah, Akta Kelahiran, Kartu Keluarga dan Administrasi Kependudukan.

Kesepakatan bersama telah ditandatangani oleh ketiga belah pihak diantaranya, Ketua Pengadilan Agama (PA) Parigi, Wahab Ahmad, S.HI.,SH.,MH, selaku pihak pertama, Kepala Kementerian Agama Parigi, Drs. Muslimin, M.Si, selaku Pihak Kedua, dan Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Parigi Moutong, Ir. Lewis selaku pihak ketiga.

Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama berlangsung di Ruang Kerja Wakil Bupati Parigi Moutong, juga dihadiri Wakil Bupati Parimo H Badrun Nggai, SE. Jumat (25/6/2021).

Foto bersama setelah melakukan penanda tanganan Nota Kesepahaman Bersama MoU di Ruang Kerja Wakil Bupati Parigi Moutong, Jum’at (25/6/21)

Dalam kegiatan itu turut hadir, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Drs. Samin Latandu, Kabag Kesra Drs. Mahfuz Usman serta sejumlah Pejabat Jajaran Pengadilan Agama dan Kemenag.

MoU keterlibatan ketiga belah pihak tersebut, berdasarkan ketentuan kesepakatan dimaksud, untuk bertanggung jawab melaksanakan tugasnya masing-masing dalam mengatasi permasalahan di masyarakat, khususnya terkait data masyarakat yang harus Valid di Wilayah Parigi Moutong.

Selain itu, kesepakatan bersama yang telah ditandatangani untuk meningkatkan kerja sama dan koordinasi antara belah pihak dalam pelaksanaan Pelayanan, melalui Sidang Keliling Terpadu, Sidang Isbat Nikah, Penerbitan Akta Nikah dan Pembuatan Dokumen Kependudukan berupa E-KTP, Kartu Keluarga (KK), Akta Lahir serta Dokumen lainnya, dengan tujuan memberikan Pelayanan yang cepat, Sederhana dengan Biaya Rendah, dalam rangka meningkatkan akses dimasyarakat terhadap Keadilan melalui Pelayanan, “One Day With All Services”.

Wabup Parimo sangat mengapresiasi kegiatan tersebut, dengan dilaksanakannya penandatanganan MoU ini, Wabup berharap agar komunikasi dan koordinasi yang baik terjalin dalam melaksanakan tugas, untuk Pelayanan Terpadu Sidang Keliling Penerbitan Dokumen dan Administrasi Kependudukan dan lain sebagainya di masyarakat.

Wabup juga berharap, “Khusus untuk Data Nikah masyarakat agar bisa teridentifikasi, dan perlu adanya keterlibatan pemerintah desa dan juga KUA dimasing-masing kecamatan, mengenai data masyarakat,” Ucapnya.

“Demi jalannya sistem informasi ini dengan cepat dan tepat, kata Wabup, perlu juga membuat MoU dengan pemerintah desa dan juga Kantor Urusan Agama (KUA), di semua kecamatan yang ada di wilayah Parigi Moutong, “Pihak pemdes maupun KUA juga harus bertanggung jawab memberikan Informasi tentang data penduduk di Wilayahnya masing-masing” Ujar Wabup.

Wabup menambahkan dengan berjalannya sistem ini, selama lima tahun kedepan, berharap seluruh data pencatatan nikah dan kelahiran bisa terselesaikan, dan tidak menjadi permasalahan lagi. “Pungkas H Badrun, SE.

Rilis : Humas Pemda Parimo
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?