Pelantikan Anggota BPD Desa Komba Selatan Hari Ini Di Rujab Bupati Luwu Oleh Bupati Luwu

0

TNO, Pammanu Luwu – Hari ini, adalah hari yang dinanti nantikan bagi para Pengurus dan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Komba Selatan, dimana 13 perwakilan BPD Desa Se-Kabupaten Luwu yang mengikuti kegiatan Peresmian Dan Pengambilan Sumpah/ Janji Anggota Badan Permusyawaratan Desa, yang dilaksanakan di Aula Rujab Bupati Luwu, di Kelurahan Pammanu, Kecamatan Belopa Utara pagi tadi, Selasa, (29/09/2020).

Sehari sebelumnya juga telah dilaksanakan Proses Pelantikan untuk BPD dari 12 Desa, hal ini dikarenakan mengikuti aturan Protokol Kesehatan (Prokes) dan Pembatasan jumlah orang yang hadir.

Dalam acara ini yang bertindak selaku Pimpinan Upacara, sekaligus melantik para Anggota BPD yakni: Bupati Luwu, Drs.H.Basmin Mattayang, M.Pd, turut hadir dalam acara tersebut: Ketua DPRD Luwu Rusli Sunali, Kajari Luwu Erny Peronica Maramba, Kapolres Luwu AKBP.Pajar Dani Susanto, Danramil Kapten Inf.Marten Luther Belopa dan Kadis DPMD Kab. Luwu H.Bustam Ali. Adapun perwakilan dari BPD dari Desa Komba Selatan yang dilantik pagi tadi antara lain: H.Nasir, BA (Ketua), Makmur (Wakil Ketua), Rosita Saputri (Sekretaris), Ismail dan Rustam (Anggota).

tampak foto Bupati Luwu Drs. H. Basmin Mattayang, M.Pd sedang mengambil Sumpah dan Janji para Anggota BPD Se-Kab. Luwu di Rujab Bupati Luwu di Pammanu, Selasa (29.09.2020)

Kepala Desa Komba Selatan, Haryanto, saat ditemui awak media TN, mengatakan, berbangga hati dan berterimakasih kepada pihak Pemda Luwu yang sudah memfasiltasi dalam Proses Pelantikan Anggota BPD ini secara bersama dengan beberapa desa lainnya di Kabupaten Luwu.

” Saya atas nama pemerintah desa komba selatan dan warga desa komba selatan, sangat berterima kasih kepada pihak pemda luwu, telah memfasilitasi proses pelantikan BPD ini, secara serentak di rujab bupati luwu, semoga BPD komba selatan bisa segera bekerja bersama dengan pemdes komba selatan, secara maksimal untuk kepentingan masyarakat desa komba selatan,” Tutur Haryanto.

tampak foto Camat Larompong, Kades Komba Selatan dan para Anggota BPD Desa Komba Selatan foto bersama pasca pelantikan

Dilain pihak, Ketua BPD Desa Komba Selatan yang baru usai dilantik, H.Nasir,BA, mengatakan, dengan adanya pelantikan ini, maka secara resmi kami sudah diakui keberadaannya dan siap bekerja untuk warga Desa Komba Selatan.

” Insya Allah setelah pelantikan ini, kami secara resmi sudah diakui dan siap bekerja untuk warga desa komba selatan, mengawal proses pembangunan secara menyeluruh di desa ini,” Ungkap H.Nasir.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama, dalam Permendagri Nomor. 110 tahun 2016. Tentang Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Tugas Badan Permusyawaratan Desa (BPD) mempunyai fungsi, membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa, dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

Selain melaksanakan fungsi diatas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa juga mempunyai tugas dan fungsi sebagai berikut ; BPD mempunyai fungsi : Membahas dan menyepakati Rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa; menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat Desa; dan melakukan pengawasan kinerja Kepala Desa.

BPD mempunyai tugas : menggali aspirasi masyarakat; menampung aspirasi masyarakat; mengelola aspirasi masyarakat; menyalurkan aspirasi masyarakat; menyelenggarakan musyawarah BPD; menyelenggarakan musyawarah Desa; membentuk panitia pemilihan Kepala Desa; menyelenggarakan musyawarah Desa khusus untuk pemilihan Kepala Desa antarwaktu; membahas dan menyepakati rancangan Peraturan Desa bersama Kepala Desa; melaksanakan pengawasan terhadap kinerja Kepala Desa; melakukan evaluasi laporan keterangan penyelenggaraan Pemerintahan Desa; menciptakan hubungan kerja yang harmonis dengan Pemerintah Desa dan lembaga Desa lainnya; dan melaksanakan tugas lain yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan. Selamat menjalankan tugas dan semoga Desa Komba Selatan semakin maju dan berkembang. (AA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?