Peduli Kesehatan Desa Terpencil, Klinik Gratis MDA Dapat Apresiasi dari Gubernur Sulsel

0

TNO, LATIMOJONG LUWU – Kegiatan Bakti Sosial Pengobatan Gratis yang dilaksanakan PT MASMINDO DWI AREA (MDA) bertepatan dengan kunjungan Plt Gubernur Sulawesi Selatan dalam rangka Peresmian Pencanangan Kawasan Agrowisata Latimojong, mendapat Aprisiasi dari Plt Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman, Kegiatan ini dilaksanakan di 8 Desa terpencil yang ada di Wilayah Kecamatan Latimojong, Sabtu (27/3/2021).

Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin bulanan oleh Departemen Cerla PT. MDA yang sudah masuk dalam bulan ke tiga (3) Tahun 2021. Kegiatan ini sangat disambut antusias oleh masyarakat, baik masyarakat yang datang untuk melakukan pengobatan maupun masyarakat yang sekedar melakukan konsultasi kesehatan, kegiatan ini bekerjasama dengan sejumlah personil dari Puskesmas Latimojong.

PT. MDA, melalui kegiatan ini menunjukan kepeduliannya terhadap masyarakat Latimojong, terkhusus dalam aspek kesehatan masyarakat.

Letak geografis daerah Latimojong serta jauhnya fasilitas kesehatan dari beberapa desa yang menjadi keluhan warga, sehingga masyarakat sangat menyambut antusias kegiatan inovatif PT. MDA, yakni pengobatan dengan cara mendatangi desa – desa tersebut, untuk melakukan pengobatan dan konsultasi kesehatan secara gratis.

Kegiatan ini berlangsung sejak 2017 yang mencakup delapan (8) desa dengan total kunjungan pasien rata rata diatas 300 san orang yang berasal dari, Desa Ulu Salu, Desa To’lajuk, Desa Boneposi, Desa To’barru, Desa Kadundung, Desa Pajang, Desa Tabang dan Desa Rante Balla.

Tampak (kanan) Plt Gubernur Sulsel Andi Firman Sulaiman menyempatkan diri mengunjungi tenda klinik pelayanan kesehatan gratis PT.MDA, Sabtu (27/3/2021).

Ada lima (5) penyakit terbanyak yang rata-rata didederita masyarakat latimojong menurut dr M. Patri Nasir diantaranya, Hipertensi, Gastritis, Influenza, Ispa, General Weakness, ia memberkan kepada wartawan TN saat usai melakukan pelayanannya kepada pasien (masyarakat red).

“Penyakit yang paling banyak diderita masyarakat di delapan (8) desa yang kami tangani ada lima (5) jenis penyakit dimana penyakit ini memang rentang pada usia dewasa (lansia), yakni Hipertensi, khusus untuk penyakit Hipertensi ini, kami sarankan kepada penderitanya agar melakukan check up secara rutin, selain itu konsumsi makanan sehat dan hindari makanan asinan,” Ungkap dr M. Patri Nasir.

Plt Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman, dalam kunjungannya di Latimojong dalam rangka peresmian pencanangan kawasan agrowisata, menyempatkan diri bersama rombongan Bupati Luwu DR H Basmin Mattayang, mendatangi tenda klinik MDA yang sedang melayani pasien, tenda klinik yang didirikan MDA disamping PUSKESMAS Latimojong di Desa Pajang, Andi Sudirman membeberkan bahwa, “Program ini sangat patut kita apresiasi, dimana masyarakat Latimojong secara khusus sudah tidak perlu khawatir lagi mengenai kondisi kesehatannya, karena sudah ada perusahaan yang melakukan pemeriksaan gratis dan keliling desa secara rutin.

Ditambahkannya Andi Sudirman, pemerintah daerah harus mendukung kegiatan seperti ini, karena kegiatan seperti ini sangat penting untuk kita laksanakan demi pembangunan kita kedepan, negara yang makmur adalah negara yang rakyatnya hidup sehat”. Kunci Plt gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman.

Beberapa pejabat yang ikut dalam rombongan gubernur dan bupati, ikut memeriksakan kesehatannya, juga diberikan obat secara gratis oleh klinik MDA.

Penulis : Achmad Kusman To’laluasa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?