Musdes I T.A 2021 Desa Tallang Bulawang Berjalan Tertip: Hadrah Fokus Pada Perbaikan Infrastruktur Rusak Akibat Bencana

0

Musyawarah Desa (musdes) Tallang Bulawang Berlangsung hidmat, berdasarkan amanat Permendagri No 114 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pembangunan Desa.

Pasal 1. Poin 5 s/d Poin 7. menjelaskan bahwa, Badan permusyawaratan desa adalah lembaga yg melaksanakan pungsi pemerintahan yg anggotanya merupakan wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah yg ditetapkan secara demokrasi.

Musywarah desa adalah musyawarah antara badan permusyawaratan desa, unsyur masyarakat yg diselenggarakan oleh badan permusyawaratan desa untuk menyepakati hal yg bersifat stategis.

Musyawarah perencanaan pembangunan desa atau yg disebut musyawarah antara badan permusyawaratan desa, pemdes dan unsyur masyarakat yg diselenggarakan oleh pemdes untuk menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan desa yg didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat desa, dan pendapatan belanja Daerah kabupaten/kota.

Dimana tim penyusun dan tim perifikasi yang terdiri dari keterwakilan masyarakat untuk memperifikasi usulan dari masyarakat dari tingkat Dusun, Rapat Musyawarah Desa I membahas anggaran T.A 2021, Tallang Bulawang, Rabu 29/7/2020.

TNO, Bajo Luwu – Hadrah, dalam sambutannya mengatakan, bahwa, kegiatan musyawarah desa ini tentu sudah tidak asing lagi bagi peserta Rapat, tentu kita sudah lebih memahami maksud dari pada tujuan rapat Musdes yang sedang kita laksanakan saat ini.

” Saya harap kepada para Kadus dan BPD beserta perwakilan agar mengusulkan Skala Prioritas, terutama dibebera titik akses jalan maupun plat Deuker yg rusak akibat bencana banjir, agar diutamakan, karena berdasarkan keluhan dan masukan dari masyarakat kepada saya ataupun kepada kadus, masyarakat meminta agar segera dibenahi, selain itu saya sangat yakin dan percaya kepada kita semua yg hadir sebagai perwakilan tentu sudah memahami mekanisme musdes yg kita laksanakan ini, sehingga saya selaku kepala desa sangat mengharapkan agar dalam musdes ini kita bisa sharing dan setiap usulan saya harap agar perwakilan bisa memberikan alasan-alasan setiap usulan dan juga masukan atau menjelaskan latar belakang dari pada usulan itu, sehingga kita semua bisa memahami tujuan dari setiap usulan tersebut,” Ungkap Hadrah pada kesempatan itu memberikan arahan dan metode pada peserta rapat.

Tampak foto (kiri ke kanan) Kades Tallang Bulawang Hadrah S.AN didampingi oleh Sekcam Bajo Nur Hidayah S. Sos dalam rangka Musdes I Tallang Bulawang

Hadrah juga membeberkan, ada beberapa kegiatan pisik yg tertunda pada tahun ini (2020) akibat pengalihan anggaran untuk penanganan Covid 19, yang diserahkan kepada masyarakat sebagai jaring pengaman dampak Covid 19 yakni, Program Jaring Pengaman atau disebut BLT-DD (bantuan langsung tunai – dana desa) sebesar Rp 600, ribu per-KK, dimana penerima BLT DD Tallang Bulawang sebanyak delapan puluh satu (81) KPM selama tiga bulan pertama (april, mei, juni), dengan total anggaran Rp.145.000.000,- (seratus empat puluh lima juta rupiah) sehingga ada beberapa kegiatan pembangunan pisik terpaksa kita pending. Untuk tahap dua (2) BLT DD akan berlanjut (Juli, Agustus hingga September 2020), tinggal menunggu Perbup, dengan adanya perpanjangan BLT DD maka pembangunan pisik akan kita kurangi lagi diantaranya empat (4) Plat Deuker yang akan kita pending, dengan total nilai Rp. 83.255.000,- (delapan puluh tiga juta dua ratus lima puluh lima ribu rupiah) untuk BLT DD yg diperuntukan 81 KK dengan Rp 72.900.000,- (tujuh puluh dua juta rupiah) yg nilainya per-KPN sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) per-bulannya.

Dalam Musdes I desa Tallang Bulawang juga membahas tugas Posyantec berdasarkan Permendes PDTT No 23 tahun 2017 tentang pengembangan dan penerapan Teknologi Tepat Guna (TTG) dalam Pengelolaan Sumber Daya Alam Desa. Dana Desa sebagai pelumas roda pembangunan Ekonomi desa, yg menjembatani masyarakat sebagai pengguna TTG dengan sumber TTG, selain itu dalam mendukung perkembangan perekonomian masyarakat Tallang Bulawang Hadrah juga memprioritaskan penambahan Modal pada BUMDesa T.A 2021 sebesar Rp.100.000.000,- (seratus juta rupiah).

Turut hadir pada Musdes I desa Tallang Bulawang: Sekcam Bajo. Hj Nur Hidayah S.Sos, Staf Kecamatan Bajo. Hamka, Pendamping Desa Asbal S.Kom, Pendamping Andi Nurul ST, Pendamping Lokal Desa HASNIA, semua aparat Desa, BPD dan Perwakilan masyarakat Tallang Bulawang. (ach)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?