Menyambut HUT RI ke 75 Pemkab Parimo Adakan Lomba Panah Ikan Secara Tradisional Di Laut Mosing

0

TNO, Parimo Sulteng – Menyambut perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Yang ke – 75, sebanyak 21 tim yang mengikuti perlombaan panah ikan tradisional tepatnya dilaut Mosing Desa Siney, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong, minggu (9/8/2020).

Adapun Tim yang mendaftarkan diri ke panitia untuk memeriahkan HUT RI ke – 75 yakni sebanyak 15 perwakilan Kecamatan Kab Parimo dan 4 instansi dari perwakilan Organisasi perangkat Daerah (OPD) Kab Parimo

Setiap Kecamatan tersebut masing-masing akan dibentuk menjadi 2 atau 1 tim, begitupun sebaliknya dengan OPD, instansi yang mengikuti perlombaan panah Tradisional itu meliputi, Disporapar, Diskominfo, BPBD dan DKP (Dinas Perikanan dan Kelautan).

Dari jumlah tim yang ada, hanya Kecamatan Parigi dan Kecamatan Tinombo Selatan 2 tim, dan total jumlah peserta keseluruhan 42 orang.

Ketua bidang panah ikan tradisional Burhan Husain mengatakan, sesuai kesepakatan metting lomba panah bahwa, panitia menjamin keselamatan peserta dengan mengecek kesehatan peserta terlebih dahulu sebelum terjun kelaut.

“Kita lakukan cek up kesehatan terlebih dahulu. Semua peserta wajib menyerahkan surat keterangan sehat dari dokter,”Ungkapnya.

Bur sapaan akrabnya menambahkan, peserta juga dibagikan kostum dan konsumsi serta akan dikawal oleh tim Polairud, Perhubungan, TNI, Tagana dan BPBD Parigi Moutong serta disiapkan 15 perahu pengantar.

Tampak foto tim yang mengikuti lomba panah ikan tradisional dilaut mosing saat diberikan arahan oleh panitia pelaksana sebelum melakukan aksinya

“Peserta panah ikan Tradisional dikawal oleh tim pengamanan laut pada spot yang telah ditentukan panitia,”Ujarnya.

Sementara itu salah satu anggota panitia lomba panah ikan tradisional Made Cornelius saat memberikan arahannya, mengharapkan agar semua peserta berlomba secara sportif.

“Bersaing secara sportif. Karena lomba panah ikan ini harus menyelam kedalam laut untuk menagkap ikan dengan cara memanah,”Pungkasnya.

Sementara Bupati Parigi Moutong diwakili oleh Ketua Umum panitia pelaksana lomba Hamka Lagala saat melepas peserta lomba panah ikan tradisional mengucapkan selamat bertanding.

“Selamat bertanding, bangun semangat sportivitas dan semangat kemerdakaan. Parigi Moutong jaya…!Indonesia maju…!,”Imbuhnya.

Diketahui guna menyambut HUT RI KE – 75 yang diadakan dilaut Mosing, lomba panah ikan tradisional dimulai pada pukul 09:00 Wita dan akan berakhir pada pukul 14:00 Wita. (**)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?