Melirik Budaya Gotong Rotong Antara Warga dan Aparat Desa Tallang Bulawang

0

TNO, TALLANG BULAWANG LUWU – Pancasila merupakan Dasar Negara kita yang memiliki nilai-nilai Luhur karena dalam setiap sila memiliki karakteristik yang dimiliki Bangsa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dalam Sila Satu sampai Sila ke Lima memiliki kaitan yang erat.

Gotong royong yang memiliki sikap persatuan salah satu sebagian contoh kehidupan yang memiliki nilai-nilai luhur dari sila ke tiga Pancasila yang akan membawa arah persatuan. Karena gotong royong inilah yang merupakan tali pemerkuat bangsa indonesia.

Dalam pelaksanaan perbaikan talud jembatan yang mengalami kerusakan akibat jatuhnya salah satu alat berat ekskavator ke dalam sungai mengakibatkan talud jalan dan jembatan roboh di Dusun Tallang Bulawang, Desa Tallang Bulawang beberapa waktu silam, Hadrah, S.AN selaku Kades Tallang Bulawang memimpin langsung jalannya kegiatan gotong royong tersebut. Tallang Bulawang merupakan salah satu desa tertinggal yang ada di Kecamatan Bajo, Kabupaten Luwu, yang berada dibagian selatan sentral Bajo tepatnya berada di seberang Sungai Suso.

Tampak kegiatan gotong royong warga Tallang Bulawang, perbaikan talud jalan poros Tallang Bulawang, Jum’at (2/4/21)

Gotong rotong termasuk dalam pelaksanaan nilai-nilai pancasila karena dalam sikap gotong royong bahu membahu dan memiliki rasa keadilan sosial kepada warga khusunya dalam segi pembangunan yang merata di segala bidang.

Seperti halnya yang dikatakan Hadrah, Jum’at (2/4/21), “Kegotong royongan ini merupakan salah satu wujud dari pelaksanaan pembangunan desa, dimana antara pemerintah desa dengan warga saling bahu membahu dan bergotong royong dalam pengerjaan. Inilah yang menjadikan bangsa lain iri dengan apa yang ada pada jiwa rakyat indonesia khususnya di desa kami,” Ungkap Hadrah.

Hadrah menambahkan, kegotong royongan dan sikap adil dalam segala hal inilah yang menjadi budaya bagi warga Tallang Bulawang. Oleh sebab itu, dirinya berharap kepada aparatnya dan warga Tallang Bulawang pada khususnya agar selalu tetap dan terus bersinergi dan manunggal bersama-sama agar persatuan warga Tallang Bulawang menjadi kuat.

Kata Hadrah lagi, “Masyarakat Tallang Bulawang harus kita akui bahwa mereka masih kental dengan adat dan tradisi leluhur, khususnya pada kegiatan gotong royong, masyarakat Tallang Bulawang memiliki ciri khas yakni budaya “sipulung, sipakasabbi” Ucap Hadrah.

Penulis : Achmad K To’laluasa

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?