Melalui Rapat Evaluasi Hasil Verifikasi dan Validasi, Sekda Tegaskan DTKS Harus Valid

0

TNO, PARIMO SULTENG – Dalam rangka Evaluasi Hasil Verifikasi dan Validasi Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Pemerintah Daerah Parigi Moutong (Parimo) menggelar rapat di Ruang Pertemuan Bidang Ekonomi Bappelitbangda Parimo. Senin, 19 Juli 2021.

Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kab. Parimo, Zulvinasran Achmad. Dalam kesempatan itu Zulvinasran menyampaikan beberapa hal penting terkait DTKS yang menjadi harapan Pemda Parigi Moutong, diantaranya:

  1. Meminta Tim Verifikasi dan Validasi agar memastikan kembali bahwa semua masyarakat yang berhak masuk dalam DTKS baik yang memiliki NIK maupun yang belum memiliki NIK.
  2. Harus dipastikan yang masuk dalam DTKS adalah bukan masyarakat yang mampu.
  3. Agar diperhatikan Status Anak Yatim Piatu yang tinggal dan masuk dalam KK orang lain.
  4. Apabila dalam Uji Petik atas Data yang masuk, terdapat masyarakat yang mampu, maka yang bersangkutan harus mengembalikan biaya yang telah dikeluarkan Pemerintah.
  5. Apabila terdapat masyarakat yang berhak menerima manfaat, namun tidak terdata dalam DTKS, maka Pemerintah Desa diminta untuk menjamin masyarakatnya itu melalui Dana Desa.
  6. Bagi yang belum memiliki NIK maka menjadi tanggung jawab dari Dinas Dukcapil untuk memenuhi NIK masyarakat tersebut, dan.
  7. Setelah DTKS sudah terkumpul dan dinyatakan Valid, agar dilakukan Verifikasi dan Validasi kembali secara berkala.

Dari 7 poin yang kami sampaikan itu, agar menjadi perhatian semua pihak yang terlibat dalam Verifikasi dan Validasi DTKS. Karena Data tersebut yang akan menjadi rujukan Pemerintah baik Daerah maupun Pusat dalam penyaluran segala jenis Bantuan.

“Jangan sampai masyarakat dalam kategori mampu dimasukkan, sebaliknya masyarakat yang benar-benar berhak untuk menerima manfaat namun tidak terdata,” Tegas Sekda.

Turut hadir dalam Rapat tersebut antara lain, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Kepala Bappelitbangda, Kepala Bidang Ekonomi Bappelitbangda, Sekretaris Dinsos, Kabid Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Dukcapil, Kasubid Ekonomi III Bappelitbangda, Kepala Seksi Pengelolaan dan Penyajiaan Data Kependudukan dan Catatan Sipil Dukcapil, Supervisor Aplikasi SIKS-NG Dinsos, Sataf Bagian Humas sekertariat Daerah, dan Staf Bidang Ekonomi Bappelitbangda Kabupateng Parigi Moutong.

Penulis : Moh Amin Pasau
Editor : MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?