MDA Laksanakan Program Snacks Khas Lokal Latimojong

0

TNO, Awakmas Luwu – Masmindo Dwi Area (MDA) berinisiatif melaksanakan Program Snacks Lokal yang telah berlangsung sejak Awal Oktober 2020 hingga saat ini. Target awal program mencakup 5 desa terdekat MDA yang berada dalam wilayah Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan.

Kesempatan pertama diberikan bagi 5 desa sekitar tambang diantaranya: Kadundung, Tobarru, Ranteballa, Boneposi, dan To’lajuk. Masing-masing desa diberikan giliran selama 2 minggu, dimana setiap minggunya mereka harus menyiapkan dan mengirimkan kue-kue ciri khas local daerahnya ke Camp Awakmas selama 4 hari, yakni, setiap Senin, Rabu, Jumat, dan Sabtu.

Dalam program ini, kelompok masyarakat (terutama kaum ibu) di 5 desa terdekat tambang diberikan kesempatan untuk memproduksi kue-kue tradisonal khas wilayah setempat, yang harus dibuat secara berkelompok di masing-masing desa, serta berbahan dasar lokal yang ada di sekitar wilayah mereka. Kue khas lokal produksi mereka ini kemudian dikirim secara rutin untuk kebutuhan konsumsi karyawan dan kontraktor yang tinggal di Camp MDA, yang saat ini berjumlah sekitar lk. 200 orang.

Terkait inisiatif ini Wahyu Diartito (Sr. Manager External Affairs MDA), “Semangat program ini adalah terutama untuk menumbuhkembangkan kegiatan produktif warga masyarakat setempat, terutama kaum ibu,” Ungkap Wahyu Diartito yang lebih akrap dengan sapaan Mas Dito

Diungkapkan lebih lanjut, “Disamping mendorong semangat berkelompok dan berwirausaha, MDA juga berharap program ini bisa melestarikan kuliner lokal khas Luwu, serta lebih mempromosikannya agar bisa dikenal lebih luas lagi sebagai kekayaan dan potensi budaya setempat”.

Dilain sisi Kepala Desa Tobarru Ibu Mauliana, A.Md. yang mendapatkan giliran program pada periode ini mengungkapkan, “Kami selaku Pemerintah Desa Tobarru sangat mendukung Program Snacks Lokal Masmindo ini karena telah memberdayakan masyarakat kami melalui kegiatan produktif. Semoga ke depan Masmindo semakin meningkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini yang memiliki nilai keberpihakan tinggi kepada masyarakat setempat”. Lebih jauh Mauliana mengungkapkan, “Kami sangat berterimakasih atas program ini, dan kami menunggu gebrakan-gebrakan Masmindo lainnya yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan desa kami ke depan”.

Tampak foto sekelompok ibu ibu dari desa To’barru sedang membuat kue ciri khas lokal, To’barru, Sabtu (28/11/2020).

MDA sebagai pemegang Kontrak Karya Generasi ke-7 dari Pemerintah Republik Indonesia berkomitmen penuh untuk melaksanakan kaidah-kaidah pertambangan yang baik (good mining practices), dengan berpegang pada nilai-nilai kepedulian (caring), integritas (integrity), kerja sama (teamwork), dan keunggulan (excellence). MDA telah dan akan terus berkontribusi bagi pihak-pihak setempat terutama masyarakat desa di lingkar tambang dalam berbagai aspek : infrastruktur, kesehatan, pendidikan, sosial-budaya, serta peningkatan kapasitas UKM setempat.

Rilis: Humas MDA
Editor: Achmad Kusman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?