KWT Sejahtera Karang Karangan Bantu Makanan Tambahan Untuk Balita Dan Ibu Hamil

0

TNO – Karang-karangan, Luwu – Bertempat di Posyandu Desa Karang Karangan Kecamatan Bua pada hari Senin, (21/12/2020) telah dlaksanakan kegiatan pemberian makanan tambahan untuk balita dan ibu hamil.
Terdapat sekitar 60 Balita dan 11 Ibu Hamil penerima manfaat dalam kegiatan rutin Posyandu ini.

Dalam kegiatan ini, hadir juga Kelompok Wanita Tani (KWT) Sejahtera Desa Karang-Karangan sebagai salah satu binaan PT. Pertamina (Persero) Fuel Terminal Palopo yang ikut langsung memberikan bantuan berupa makanan tambahan dari sayur-sayuran hasil dari kebun garapan mereka.

Menurut Ibu Riskha (Ketua KWT Sejahtera) kegiatan ini merupakan hasil inovasi dampak sosial dari Usaha Industri Rumahan yang keuntungannya disisihkan KWT Sejahtera untuk pemberian makanan tambahan bagi balita dan ibu hamil yang dilaksanakan setiap bulan di desanya.  

“Selama ini biasanya anak anak suka makan makanan siap saji dan belum tentu sehat, namun dengan inovasi KWT Sejahtera Desa Karangan-Karangan mampu mengelolah tanaman menjadi sebuah makanan yang bergizi dan sehat” kata Riskha.

Dijelaskan selanjutnya tujuan pemberian makanan tambahan ini adalah untuk menghindari terjadinya kasus kekurangan gizi sekaligus mengedukasi masyarakat untuk ikut gerakan berkebun yang dirintis oleh KWT Sejahtera Binaan PT. Pertamina (persero) Fuel Terminal Palopo dengan memanfaatkan lahan  halaman rumah menjadi lahan yang produktif sebagai kebutuhan pangan keluarga di masa Pandemi Covid-19.

Riskha juga menceritakan setiap harinya  KWT Sejahtera rata-rata bisa mengelolah 8-10kg hasil kebun seperti olahan :

  1. Kelor : Teh Kelor
  2. Cabai : Sambel Kemasan
  3. Jahe : Minuman Instant Sehat
  4. Singkong : Kripik
Tampak foto hasil produk dari KWT Sejahtera Binaan PT. Pertamina (persero) Fuel Terminal Palopo

Dari hasil olahan kebun Kelompok ini bisa mendapat keuntungan Rp.500.000-Rp.700.000 ribu sekali produksi dan dari hasil usaha tersebut disisihkan untuk kegiatan sosial selain untuk anggota kelompoknya.

Dimasa Pandemi Covid-19 seperti saat ini, warga masyarakat harus lebih kreatif dan inovatif dalam berusaha agar tetap bisa mendapatkan penghasilan dan kegiatan ekonomi tetap berjalan dengan baik. Pemanfaatan lahan kosong dan pekarangan rumah bisa menjadi salah satu solusi untuk menghasilkan sumber ekonomi baru dan pangan yang baik untuk keluarga.

Rilis : Aziz
Editor : Akhmad Kusman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?