Kepala BRSDM-KP : Kedepan, Parimo Pasti Semakin Maju di Sektor Perikanan dan Kelautan

0

TNO, PARIMO SULTENG – Kepala Badan Riset Sumber Daya Manusia, Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (BRSDM-KP KKP-RI), Prof Ir Sjarief Widjaja PhD F RINA berkeyakinan bahwa kedepan Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) akan semakin maju di sektor perikanan dan kelautan.

Bahkan Prof Sjarief memberikan apresiasi kepada Bupati Parigi Moutong, H Samsurizal Tombolotutu yang sungguh-sungguh membangun Parigi Moutong di setiap komunitas unggulan yang ada, termasuk di bidang perikanan dan kelautan.

“Luar biasa dukungan Pak Bupati Parigi Moutong, Teluk Tominya yang begitu kaya dengan berbagai potensi perikanan, mulai dari perikanan tambak, wisata bahari hingga para investor sudah mulai melirik daerah ini, termasuk investor tambak udang,” Ungkapnya.

Lanjut Sjarief, jika Pemerintah Parimo ingin membangun Industri, mesti industri perikanan, kenapa…???,” Imbuh Sjarief, karena Parigi Moutong dilirik pemerintah pusat dari segi potensi perikanan, maka dari itu, pemerintah harus mengasah masyarakat kepada pendidikan perikanan.

Olehnya itu… Kata Sjarief, pihaknya telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Parigi Moutong untuk mengutus para pelajar pribumi putra-putri Daerah Parigi Moutong melanjutkan pendidikannya di politeknik yang tersebar di Indonesia.

“Nah saat inikan Parigi Moutong salah satu kerjasama dengan Politeknik KP Bone, sehingga bisa memiliki Universitas di Parigi Moutong. Untuk mempercepat prosedur dan pencapaian yang kita targetkan, kita merintis dari Bone dulu, setelah itu, Akademi Komunitas pada Program D1 dan D2 akan mendukung Program budidaya perikanan, budidaya tangkap dan wisata bahari. Setelah itu kita tingkatkan, yang tadinya akademi komunitas kemudian kita tingkatkan ke Politeknik KP Parigi Moutong, karena arahnya pasti ke sana,” Ujar Sjarief dalam keterangan Persnya di Lolaro (19/6/21).

“Langkah Bupati dan Kadis Perikanan Parigi Moutong kita harus Apresiasi, kita bantu untuk mengembangkan Kampus yang baru, dengan begitu kita sudah mendukung untuk pengembangan Budidaya Tambak yang ada di Parimo. Apalagi sudah disiapkan Lahan sekitar 5 Ha di Desa Poli,” Tambahnya.

Sjarief menjelaskan, bahwa para Pelajar yang sedang menjalankan bidang studinya di Poltek KP, lebih fokus melaksanakan praktek Lapangan di industri pabrik dan lain sebagainya ketimbang belajar teori atau kuliah rutin.

“Dengan begitu kan… otomatis mata perkuliahan lebih menyentuh secara pisik, dan juga pengolahan tambak lebih mengalami peningkatan. Olehnya itu… saya percaya bahwa masyrakat Parigi Moutong di sektor perikanan dan kelautan akan lebih maju,” Tutupnya. Minggu (20/6/21).

Rilis : Kominfo Parimo
Editor : MU/MAP

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?