Kembangkan Pemukiman dan Permudah Akses Petani, Pemdes Posona Buka Jalan Baru Sepanjang 1,8 Km

0

TNO, PARIMO SULTENG – Dengan tujuan pengembangkan pemukiman warga serta mempermudah akses para petani, Pemerintah Desa (Pemdes) Posona, Kecamatan Kasimbar, Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulteng, melaksanakan Pembangunan Jalan di Dusun 1 Ogobuaya yang memiliki dua fungsi, selain mengembangkan pemukiman juga sebagai akses utama para petani, melalui Dana Desa (DD) T.A 2021 yang menelan anggaran kurang lebih Rp.90.000.000,- (sembilan puluh juta rupiah), Kamis 15/7/2021.

Kades Posona, Emli H Tapparan kepada awak Media TNO membeberkan, bahwa pembentukan atau pembangunan badan jalan ini, adalah salah satu sarana pendukung para petani (sawah red) yang ada di Desa Posona, untuk mempermudah akses dalam mengangkut kebutuhan dan hasil tani mereka.

Sambung Emli, “Sehingga dengan terbangunnya Jalan ini terkhusus warga Dusun I Ogobuaya yang mayoritas petani sawah akan lebih mudah transportasi dalam melakukan aktifitasnya, selain itu Jalan ini bertujuan untuk mengembangkan pemukiman penduduk/warga disekitar sini”.

Tampak warga bergotong royong membersihkan lokasi yang dilalui pembangunan badan jalan.

Di lain sisi, Abdul Mutalib yang akrab disapa Tellu, salah satu warga Dusun I yang sempat ditemui wartawan TNO mengungkapkan bahwa warga desa sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa Posona yang telah membangun Jalan.

Tampak pengerjaan badan Jalan

“Saya sangat senang pak, karena adanya pembukaan jalan baru ini, tentunya Jalan ini akan mempermudah kami dalam melakukan segala aktifitas kami selaku petani, selain itu, tentunya biaya oprasional yang selama ini lumayan besar yang harus kami keluarkan untuk mengangkut kebutuhan dan hasil kami, dengan terbangunnya Jalan ini pastinya tidak sebesar itu lagi, dan kami lebih mudah lagi menjangkau lahan kami” Pungkasnya.

Ditambahkanya lagi, bahwa pembangunan Jalan ini, diusulkan sejak Tahun 2019 lalu, namun baru terealisasi di tahun 2021 ini, ia berharap agar pemerintah desa memahami kebutuhan warga sehingga program desa mencapai asas manfaat.

Berdasarkan pemantauan TNO, masyarakat sangat antusias dengan adanya Program ini, hingga saat penandatanganan hibah lokasi yang dilalui pembukaan jalan tersebut dipermudah oleh masyarakat, adapun volume pembangunan Jalan berkisar 1,8 Km dengan lebar 5 m.

Penulis : Thalip/Editor : MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?