Kadis PUPR Dampingi Bupati Luwu Tinjau Penanganan Kerusakan Jembatan Miring

0

TNO, LUWU – Pasca tingginya Debit Air Sungai Sumarambu pada akhir Oktober lalu (Ahad, 31/10/2021), bukan saja menghanyutkan rumah warga, tapi juga mengakibatkan kerusakan parah pada Jembatan Permanen ‘Jembatan Miring’.

Jembatan yang dibangun pertama kali oleh pemerintah NICA pada tahun 1920 dan merupakan pembatas wilayah Kabupaten Luwu dengan Kota Palopo itu mengalami kerusakan pada bagian Abutment.

Proteksi Tebing dan Bronjong Dudukan Abutment tergerus oleh derasnya air menyebabkan jembatan labil dan mengalami pergeseran ke bawah.

Akibat dari kerusakan tersebut, untuk sementara jembatan ditutup sehingga terjadi pengalihan arus lalu lintas.

Pihak Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) telah melakukan penanganan dengan membuat perlindungan abutment dan pemasangan bronjong. Selain itu, juga telah di lakukan normalisasi dan pelurusan arus sungai.

foto bersama usai peninjauan perbaikan Jembatan Miring oleh Bupati Luwu.

Hingga memasuki minggu kedua, puluhan pekerja yang diturunkan PT. Hutama Karya masih berjibaku di lokasi jembatan untuk mengejar target waktu penyelesaian.

Bupati Luwu, Dr. H. Basmin Mattayang usai mengikuti upacara bersama Plt. Gubernur Sul-Sel di Lapangan Pancasila Palopo pagi tadi, Rabu (10/11/2021) langsung bertolak menuju lokasi Jembatan Miring.

Menurut Bupati H Basmin, terkait penanganan kerusakan Jembatan Miring ini dirinya telah berkoordinasi dengan Plt. Gubernur, Pihak Balai Jalan dan Dinas PUTR Provinsi untuk proses percepatan pelaksanaannya.

Apalagi imbas dari ditutupnya jembatan tersebut beberapa hari ini telah menimbulkan kemacetan parah pada jalur alternatif yang berdampak pada terganggunya kegiatan ekonomi masyarakat.

Orang nomor satu di Luwu ini juga memberi perhatian khusus terhadap kerusakan jalan di ruas Batusitanduk dan Seba-Seba yang menjadi jalur alternatif.

Selain itu, Jembatan Poringan di Desa Tabah yang ambruk setelah dilalui Truk bermuatan pupuk pun tak luput dari perhatiannya.

Di hadapan Plt. Kadis PUPR, Bupati Luwu Dua periode itu menginstruksikan untuk segera melakukan perencanaan teknis.

“Terkait jembatan Poringan, tolong Kadis PUPR segera buat perencanaan secepatnya untuk langkah-langkah penanganan agar akses masyarakat bisa kembali terhubung. Demikian pula dengan kondisi jalan yang rusak. Semua diinventarisasi tingkat kerusakannya” Ucap Bupati H Basmin.

Sementara itu, Plt. Kadis PUPR Luwu, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT mengatakan jika selama 5 hari kedepan kondisi cuaca bersahabat, maka pelaksanaan penanganan kerusakan ini bisa difinalkan.

“Saat ini proses pekerjaan telah memasuki tahap pemasangan Shoring Portal atau Tiang Penyangga Jembatan. Sesuai janji pihak pelaksana, jika 3-5 hari cuaca bersahabat, pekerjaan ini bisa rampung” Jelas mantan Kabag UKPBJ Luwu.

Kunjungan Bupati Luwu ke Jembatan Miring ini selain didampingi Kadis PUPR, turut pula Kadis Perhubungan Luwu, Drs. Supriadi, M.Si, Sekretaris BPBD, Aminuddin, S.Sos, M.Si dan Dua Camat, yakni Camat Walenrang, Kasnar Semba dan Camat Walenrang Timur, Ibrahim.

Penulis : Mus-95/AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?