Jajaran Pemdes Maninili Bersama Warga Lansia Lakukan Vaksinasi Covid-19 Dosis Pertama

0

TNO, PARIMO SULTENG – Jajaran Pemerintah Desa Maninili, Kecamatan Tinombo Selatan, Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan vaksinasi Covid-19 dan mengikutsertakan warganya yang Lanjut Usia (Lansia).

Sebagai pelayan publik, Aparat Desa Maninili bersama warga antusias mengikuti pelaksanaan penyuntikan vaksin, suasana yang tertib serta disiplin prokes memudahkan petugas kesehatan dalam menyelesaikan pemberian vaksin.

Penyuntikan dosis pertama (I) Vaksin Covid-19 yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Maninili Kecamatan Tinombo Selatan, yang diselenggarakan oleh Tim Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sigenti, pemberian vaksin ini melalui beberapa tahapan sesuai dengan prosedur yang ada. Selasa (8/6/21).

Tampak dari kiri, Kades Maninili, Bhabinkamtibmas menyaksikan salah satu warga Lansia saat disuntik Vaksin Covid-19 oleh Tim Kesehatan Puskesmas Sigenti.

Muhammad Azim, S.Pt, saat ditemui awak media TNO di kediamannya selasa (8/6/21) pukul 16:22. WITA setelah usai menjalankanvVaksin, ia menjelaskan, “Sebelum disuntik Vaksin Covid-19, pihak Pemdes Maninili beserta Perangkat Desa terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan, kemudian disusul warga yang sudah berusia lanjut (Lansia).

“Pemeriksaan kesehatan wajib dilalui oleh calon penerima vaksin, yang dilaksanakan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Sigenti, setelah dipastikan sehat baru boleh menjalani vaksin.

“Namun Pak Kades Maninili tidak jadi menjalani vaksin dikarenakan kesehatan beliau terganggu saat diperiksa tekanan darahnya tinggi ditambah lagi penyakit jantung. Selain Pak Kades ada beberapa Perangkat Desa juga tidak jadi divaksin karena mempunyai penyakit bawaan,” ungkap Muhammad Azim yang tak lain Sekdes Maninili.

Tampak Sekdes Muhammad Azim, S.Pt saat menjalani penyuntikan Vaksinasi Covid-19.

Kata Azim (Sapaan Akrab Sekdes), “Penyuntikan vaksinasi bukan hanya Perangkat Desa, akan tetapi beberapa Warga Desa Maninli Lansia ada 9 Orang juga menjalani, seperti yang kita ketahui bahwa Vaksin ini sangat penting bagi Lansia, dimana Usia Lanjut lebih rentang terhadap Infeksi Virus. adanya penyakit penyerta, atau dikenal dengan istilah komorbid adalah suatu keadaan dimana terdapat lebih dari satu penyakit, dan kondisi fisik yang mulai lemah membuat Lansia lebih sulit untuk melawan infeksi termasuk Virus Covid-19. Sehingga Lansia menjadi Prioritas untuk menerima vaksin.”

Sambung Azim, “Saya selaku Sekdes melalui media ini, mensosialisasikan kepada masyarakat khususnya Warga Maninili dan sekitarnya, bahwa setelah saya divaksin Covid-19 hanya merasakan sedikit nyeri pada bekas suntikan, selain itu saya merasa selalu lapar dan mengantuk, tidak ada efek yang lain, seperti yang beredar (HOAX)”
.

“Ayoo… jangan takut divaksin, Vaksin itu aman, dan halal, Ayo kita bersama-sama sukseskan program Vaksinasi C-19, Ini merupakan salah satu bentuk kewajiban kita untuk mendukung Program Pemerintah dan meningatkan Kedisiplinkan protokol kesehatan untuk memutus rantai Virus Covid-19, sebagai warga negara Indonesia yang baik”. Kunci Azim.

Kegiatan Vaksinasi Covid-19 Desa Maninili disaksikan oleh Sub Sektor Tinombo Selatan (Tinsel) dan Bhabinkamtibmas.

Rilis : Hardi
Editor : MU

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?