Hadrah Tuntaskan BLT DD Sebagai Jaring Pengaman Covid 19

0

Tallang Bulawang Sabtu 24 Oktober 2020 lalu Laksanakan Penyerahan Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD) T.A 2020

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Republik Indonesia Nomor. 50/PMK.07/2020 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Keuangan Nomor. 205/PMK.07/2019 tentang Pengelolaan Dana Desa. Dan sesuai dengan keputusan Musdessus terkait perpanjangan BLT DD pada tahap II bulan IV,V dan VI, Kades Tallang Bulawang tak ingin ketinggalan untuk menyaluran bantuan jaring pengaman terhadap masyarakatnya.

TNO, Bajo Luwu – Pemerintah Desa (pemdes) Tallang Bulawang yang dinahkodai Hadrah, S.AN yang sudah dua periode ini, tentu ia tak ingin meresahkan masyarakatnya menunggu terlalu lama untuk menyerahan BLT DD itu, pasalnya menurut keterangan Hadrah, Tallang bulawang adalah salah satu Desa Tertinggal yang ada di Kab. Luwu, yang jarak tempunya dari Kota Belopa sebagai Kota Kabupaten Luwu, hanya kisaran 7 KM, yang membutuhkan waktu 10 menit saja, dari Belopa untuk sampai di Desa Tallang Bulawang. Namun sungguh sangat disayangkan dimana Desa Tallang Bulawang ini terpisah dari Kota Kecamatan Bajo oleh batas alam yakni, Sungai Suso (salu Suso), sehingga Desa Tallang Bulawang masuk dalam katagori Desa tertinggal.

Selain itu, pendapatan masyarakat Desa Tallang Bulawang tergolong rendah, hamparan lahan yang cukup luas dan gersang kurang produktif, lahan sawah yang hanya mengandalkan air hujan, menjadi kendala bagi petani yang ada Tallang Bulawang, selain itu, sebagian besar masyarakat hanya bekerja sebagai pendulang emas di sungai suso, ada pun kaun lelaki kebanyakan hanya pekerja serabutan atau buruh, kendati demikian Hadrah tetap bersinergi untuk membangun Desa dengan daya dukung yang ada, seperti pemberdayaan SDM masyarakat melalui generasi muda milenial yang sementara dalam tahap pertumbuhan ia memanfaatkan dengan melibatkan mereka dalam lembaga dan organisasi yang diakomodir melalui lembaga pemerintah Desa.

“ Saya selaku kepala desa tentunya bagaimana saya berbuat semampu saya, untuk membangun kampung ini, dengan dukungan pemerintah terlebih bantuan dan dukungan masyarakat tallang bulawang, seperti yang kita ketahui bersama bahwa, tallang bulawang ini, adalah satu satu desa yang tertinggal, karena faktor alam yang tidak bisa kita pungkiri, selain lahannya tanah gersang, kampung ini juga tertinggal karena berada diseberang sungai, ini salah satu hambatan terlambatnya kampung ini berkembang karena inprastruktur yang begitu sulit, diamana kita harus berputar arah untuk mencapai kampung ini kalau kita menggunakan kendaraan,” Ungkap Hadrah.

Tampak foto kiri-kanan Baso ketua BPD Tallang Bulawang, salah satu KPM, Hadrah S.AN, Kades Tallang Bulawang, Serma Baharuddin Babinsa, saat serahterima BLT DD secara simbolis, Sabtu (24/10/2020) di Kantor Desa Tallang Bulawang.

Lanjut Hadrah, Olehnya itu saya bersama aparat lainnya mempercepat pencairan Dana Desa untuk penyerahan BLT DD, karena kami paham betul keadaan warga kami, alhamdulillah pada hari sabtu tanggal 24 Oktober 2020 lalu kita telah menuntaskan penyaluran BLT DD, harapan kami, kepada masyarakat agar tetap menjaga jarak, menggunakan masker dan rajin cuci tangan, sesuai dengan anjuran protokol kesehatan, agar kita terhindar dari virus yang mematikan,” Pesan Hadrah.

Untuk diketahui jumlah penerima BLT DD Tallang Bulawang sebanyak 81 kk. Dan penyerahan BLT DD dihadiri antara lain, Babinsa Serma Baharuddin, Ketua BPD Tallang Bulawang Baso, Tenaga Ahli Kabupaten Bidang pemberdayaan Andi Nurul ST, Pendamping Lokal Nia, dan para Tokoh bersama masyarakat KPM.

Penulis: Achmad Kusman
Editor: Aziz Aripuddin

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?