Hadiri Acara Tudang Sipulung Komba Selatan Basaruddin Minta Agar BPP Aktif Mengawal Petani

0

TNO, Komsel Luwu – Kondisi alam yang kurang bersabahat serta masih dalam kondisi Pandemi Covid 19 tidak menjadi penghalang bagi semangat para petani di Desa Komba Selatan untuk kembali bersiap menyambut musim tanam padi berikutnya, Sabtu, (15/8/20)

Sore tadi bertempat di Aula Desa Komba Selatan, dilaksanakan kegiatan Tudang Sipulung Turun Sawah bersama Warga petani Desa Komba Selatan. Hadir dalam kegiatan ini anggota DPRD Dapil II Luwu Ir. H. Basaruddin, SP, Camat Larompong, Danramil Larompong dan Kepala BPP Larompong. Kepala Desa Komba Selatan Haryanto dalam sambutannya mengatakan bahwa posisi Desa Komba Selatan yang berbatasan dengan Desa Komba, serta telah selesainya musim panen padi, maka perlu segera dipersiapkan masa tanam agar lahan yang ada bisa produktif meski dengan kondisi alam yang kurang bersahabat dan pandemi Covid 19.

” Mari kita bersiap hadapi masa tanam dan turun sawah berikutnya agar lahan ta yang ada sekarang tetap bisa produktif, meski kondisi cuaca serta masa pandemi Covid 19 belum berlalu namun kita harus bersyukur dimana sekarang ini masih harus menerapkan protokol kesehatan,” Ucap Haryanto dalam sambutannya.

Ir. H. Basaruddin selaku Anggota DPRD Luwu dari Dapil II Luwu yang tak lain mantan Kepala Desa Komba ini, dalam sambutannya, menghimbau kepada semua peserta yang hadir agar bersiap menghadapi musim kemarau yang sebentar lagi dihadapi di Luwu khususnya, sehingga dalam masa singkat ini kita bisa benar benar memanfaatkan dengan baik.

” Mari ki sama sama memanfaatkan musim turun sawah ini sebaik baiknya mengingat sebentar lagi akan masuk masa kemarau dan menyepakati jadwal musim tanam selama setahun,” Ungkap Basaruddin dalam menyampaikan sambutannya pada acara Tudung Sipulung Turun Sawah ini.

Dalam pertemuan ini juga pihak Penyuluh Pertanian BPP Larompong berharap agar dalam kegiatan ini bisa disepakati bersama jadwal tanam dan jenis varietas benih padi yang akan digunakan, karena dari pengalaman yang mereka dapatkan dilapangan ada beberapa varietas benih padi yang layak dipertimbangkan untuk digunakan karena masa tanamnya bisa 85-100 hari sudah bisa panen. Selain itu penyuluh juga berharap ada perhatian khusus dari pemerintah setempat terhadap kondisi persawahan di desa Komba Selatan.

Adapun keputusan bersama dalam Rapat Tudan Sipulung Turun Sawah Desa Komba Selatan sore tadi antara lain :

  1. Sewa Traktor 1,4 Jt
  2. Umur Padi yang di tanam maksimal 100 Hari seperti Varietas Cilerang. I.42.I.43. I.44. Padjajaran. IF16. Bagendi. Dll yg seumuran.
  3. Jadwal penanaman mulai dari minggu ke -3 Bulan September s/d Minggu Ke 2 Bulan Oktober 2020
  4. Traktor turun Sawah pada tanggal 20 Agustus 2020
  5. Minggu, 16 Agustus Gotong Royong di saluran sekunder desa Komba Selatan bersama para petani. *(AA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?