Gelar Workshop Digital Marketing Bagi UMKM, Kajari Apresiasi PM Luwu dan PT Pegadaian CP Belopa

0

TNO, BELOPA LUWU – Bertempat di Aula Hotel Belia pagi tadi (Sabtu, 28/8/2021), Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah Kabupaten Luwu (PD PM Luwu) menyelenggarakan Pelatihan/Workshop Digital Marketing bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Luwu terdampak Pandemi Covid-19 yang bekerjasama dengan PT Pegadaian (Persero) Cabang Pembantu (CP) Belopa – Area Palopo.

Hadir dalam pembukaan pagi tadi antara lain, Sekda Luwu mewakili Bupati Luwu Bapak Drs H Sulamaiman, MM., sekaligus membuka secara resmi kegiatan tersebut, Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan asal Luwu, Dr. Husmaruddin, SE, MM,. PT. Pegadaian Area Palopo, Rahmat selaku Kandep Produk Non Gadai, Kabid UMKM Dinas Koperasi UKM dan Perindustrian Kab. Luwu, Andi Syahrir, perwakilan dari Badan Kesbangpol Luwu, Polres Luwu, Polsek Belopa, Danramil Belopa dan perwakilan dari Kabag Ekonomi Setda Luwu serta perwakilan dari Pengurus Muhammadiyah Luwu.

Ketua Panitia Pelaksana yang juga Instruktur dalam kegiatan ini, Aziz Aripuddin saat memberikan laporannya bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan wawasan bagi pelaku UMKM tentang Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) dan memberikan teknik dasar memasarkan produk Jasa secara digital dan di Google, Social Media dan Marketplace Shopee kepada pada peserta.

Foto bersama usai Pelatihan/Workshop Digital Marketing bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Luwu terdampak Pandemi Covid-19

Jumlah peserta 30 orang yang ikut dalam kegiatan ini, terbatas mengingat Prokes, dimana terdiri dari perwakilan Bumdes, pelaku UMKM, Ormas dan IKM terpilih. Donatur kegiatan ini berasal dari PT Pegadaian Cabang Belopa dan beberapa Sponsor lainnya.


Zulkifli, ST.,M.Si selaku Ketua Pemuda Muhammadiyah Luwu dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini merupakan dukungan dan penguatan bagi para Pelaku UMKM di Kabupaten Luwu, melalui Pelatihan Digital Marketing.

Zulkifli yang juga Wakil Ketua II DPRD Luwu mengungkapan, kegiatan ini ibarat menyebarkan Virus kebaikan yang sifatnya bisa hidup bersama, berkumpul dan bergerak bersama, begitu juga virus kebaikan yang berupa entrepreneurship, bentuknya berupa semangat dan memberikan motivasi untuk disebarkan, diteladani oleh generasi muda, kita sangat menyadari bahwa pandemi ini sangat menggerogoti sektor ekonomi khususnya UMKM, oleh sebab itu, Pemuda Muhammadiyah Luwu menyadari, bahwa Pemulihan Ekonomi bukan tanggungjawab pemerintah daerah saja, akan tetapi juga tanggungjawab moril bagi ormas dan organisasi kepemudaan untuk bersama membawa daerah kita ini lebih baik dan selalu hadir untuk memberikan semangat dan spirit bagi pelaku usaha UMKM.

“Organisasi Pemuda harus bisa memberikan karya terbaik dan membantu Pemerintah untuk Pemulihan Ekonomi saat ini yang diakibat pandemi Covid-19, salah satunya dengan menebar virus kebaikan dan memberikan skill kepada pelaku UMKM agar tetap kuat serta bertumbuh dimasa sulit ini” Tutur Zulkifli.

Pada sesi Dialog PEN, Kajari Luwu yang juga Ketua Satgas PEN Luwu, Erny Veronica Maramba, SH, M.Hum, memaparkan mengenai program PEN Luwu yang telah berjalan sejak 2020 hingga kini, serta beberapa kendala yang dihadapi dimana masih minimnya dukungan anggaran, dan situasi pandemi yang belum terkendali dengan baik. Beliau juga sangat mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pemuda Muhammadiyah Luwu ini, karena menjadi salah satu organisasi Pemuda yang sangat peduli kepada pemberdayaan ekonomi UMKM.

Disisi lainnya, Dr. Husmaruddin memberikan semangat dan motivasi kepada peserta agar tetap berusaha dimasa sulit, dan mampu menyerap semua ilmu yang didapat pada kegiatan ini karena ini salah satu kegiatan yang sangat efektif dan efisien bagi pelaku UMKM di Luwu.

Dari salah satu peserta, Andi Namira Ilyas, Owner De Haura Donuts dan Cafe Belopa, yang sempat kami mintai testimoni mengenai kegiatan ini mengatakan, bahwa sangat bersyukur bisa ikut kegiatan ini karena sangat membantu untuk pengembangan usahanya dan Tim dalam mempromosikan produknya secara digital.

“Bersyukur sekali bisa ikuti kegiatan ini, karena menambah pengetahuan, pengembangan dan skill kami sebagi pelaku usaha memahami cara pemasaran secara digital” Kata Andi Namira.
Kegiatan ini juga diisi dengan materi Google Business yang dibawakan oleh Aziz Aripuddin, (A24 Business Center dan Syahrian (Kampus Shopee Makassar).

Penulis : AA/AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?