Forkopimda Tinombo Selatan Menggelar Upacara Penaikan Sang Merah Putih Dalam Rangka Peringati HUT RI Ke 75

0

Senin, 17 Agustus 2020 Dini Hari Pada Pukul, 08.30 Wita, Pemerintah Kecamatan Tinombo Selatan mengelar HUT RI Ke-75 Di Pusatkan di Desa Khatulistiwa. Bertempat dihalaman Tugu Khatulistiwa Telah Berlangsung Kegiatan Upacara Penaikan Bendera Merah Putih Dalam Rangka Memperingati Hari Proklamasi kemerdekaan RI yang ke-75 tahun.

TNO, Parimo Sulteng – Dalam pelaksanaan Upacara HUT RI Ke-75 yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, Camat Tinombo Selatan Drs H AHKAM TENGKOS MM, Komandan Upacara SERDA ABDUL ZAID, dihadiri oleh Kapolsubsektor Tinsel IPDA I NYOMAN SUARNAWA, Danramil tinsel yang diwakili oleh SERDA SAMSUL HUDA, Sekcam tinsel ANDI PAJU TOMBOLOTUTU, Ketua Bhayangkari Subsktor Tinsel, Ibu Persit Koramil 09, Koordinator UPT Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kec. Tinombo Selatan, Kepala Puskesmas Tada Dan Kepala puskesmas Sigenti, para staf Kantor Camat Tinsel, para Kepala Desa Se-Kecamatan Tinsel, Kepala Sekolah Se-Kecamatan Tinsel, Tim Penggerak PKK Se-Kecamatan Tinsel, Ketua PPK Tinsel bersama Anggota, Ketua Panwascam Tinsel Bersama Anggota, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda, serta diikuti oleh peserta Upacara yang terdiri dari Polri, TNI, Sat Pol PP Kecamatan Tinsel, Linmas Kecamatan Tinsel, PGRI / Korpri serta perwakilan siswa-siswi SMA Negeri I Maninili dengan sejumlah peserta upacara sekitar 200 orang.

Adapun susunan Upacara Bendera yaitu :
a). Masing-masing komandan peleton menyiapkan pasukannya
b). Komandan Upacara memasuki lapangan Upacara langsung mengambil alih Komando.
c). Inspektur Upacara menempati mimbar Upacara.
d). Penghormatan kepada Inspektur Upacara.
e). Laporan Komandan Upacara.
f). Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.
g). Pembacaan Teks Proklamasi
h). Mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara.
i). Pembacaan Doa
j). Pengibaran Bendera Merah Putih diiringi lagu Kebangsaan Indonesia Raya.
K). Menyanyikan lagu lagu wajib Nasional.
L). Laporan Komandan Upacara Kepada Inspektur Upacara.
m). Penghormatan Kepada Inspektur Upacara.
N). Inspektur Upacara berkenan meninggalkan mimbar Upacara.
O). Upacara selesai Komadan Upacara Membubarkan Pasukannya.

Kegiatan upacara pengibaran bendera Merah Putih berakhir pada pukul 09.30 Wita dan selama kegiatan berlangsung dalam pengawalan pengamanan Personil Polsubsektor Tinsel bersama Anggota TNI dan Pol PP Kec. Tinsel hingga acara tetap kondisif, aman dan terkendali.

Foto tampak peserta upacara HUT RI Kecamatan Tinombo Selatan

Seusai Acara awak media TNO melakukan wawancara kepada Camat Tinombo Selatan ia menjelaskan, “Kegiatan Upacara yang dilaksanakan dihalaman Tugu Khatulistiwa, tepatnya di Desa Khatulistiwa Kecamatan Tinombo Selatan ini, dalam rangka memperingati hari Proklamasi kemerdekaan RI yang ke-75 tahun. kita kembali bercermin untuk memandang kembali sejarah dan mengapresiasi perjalanan panjang Indonesia dengan para pejuang yang telah
membawa kita kepada keadaan sekarang ini,” Ucap AHKAM.

Lanjut AHKAM, “Sedangkan untuk pengibaran bendera dilakukan oleh Pasukan Pengibar Bendera dari SMA NEGERI 1 TINOMBO SELATAN dan regu paduan suara diwakili oleh guru-guru SMA NEGERI I TINOMBO SELATAN yang sudah ditunjuk selaku petugas Paskibraka. Selama proses upacara berlangsung, dengan penuh semangat melaksanakan tugasnya masing masing hingga Bendera Pusaka Sang Merah Putih berkibar dengan Gagah.

Foto tampak Pengibar Bendera Merah Putih (Paskibraka) Tinombo Selatan dan Kapolsubsektor Tinsel beserta Pelatih

” Meskipun ditengah pandemi Covid 19 yang sedang melanda Indonesia saat ini, Pemerintah Kecamatan Tinombo Selatan, tetap menjalankan disiplin Protokol Kesehatan ditengah Adaptasi kebiasaan baru masa pandemi, kemudian bersama-sama memanjatkan do’a dengan khidmat dan khusyuk ke sang pencipta Tuhan Yang Maha Esa Allah Subhanahu wata’ala, agar keadaan Indonesia kembali membaik,” Tutup Camat Drs H AHKAM TENGKOS. (Ard)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?