Festival Bunga Male Warnai Perayaan Maulid Nabi Desa Karang-Karangan

0

TNO, BUA LUWU – Pemerintah Desa (Pemdes) Karang-Karangan bekerjasama dengan Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo mengadakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW (12 Rabiul Awal 1443 H) yang jatuh pada hari ini Selasa, 19 Oktober 2021 di Masjid Nurul Yaqin, Desa Karang-Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu.

Dengan Mengusung Tema “Meneladani Akhlak Rasulullah SAW dalam Menjaga Aqidah Serta Ukhuwah Islamiyah”, Perayaan Maulid Nabi ini diwarnai dengan Festival Bunga Male oleh kreasi Pemerintah dan masyarakat setempat serta Mahasiswa KKN.

Acara dimulai sekitar pukul 09.00 WITA, dimana dibuka dengan Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an. Adapun yang memberikan Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yaitu Ustad Mawardi, S.Ag, MM. menyampaikan tentang sejarah dan sifat-sifat Nabi Muhammad SAW yakni Shiddiq, Amanah, Fathonah, dan Tabligh sehingga umat muslim dapat meniru sifat-sifat Nabi, sehingga kita juga jadi orang yang mulia.

“Sejarah Maulid Nabi adalah peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yakni pada 12 Rabiul Awal, mayoritas kaum Muslimin selalu memperingati hari lahirnya Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wa Sallam (SAW), Perayaan ini merupakan tradisi yang berkembang di masyarakat Islam beberapa waktu lalu setelah Nabi Muhammad (SAW) wafat.” Dalam ceramahnya.

Ustad Mawardi melanjutkan bahwa Maulid Nabi sudah dilakukan umat Islam sejak tahun kedua hijriah. Keterangan lain menyebutkan bahwa peringatan tersebut bagi umat muslim adalah penghormatan dan pengingatan kebesaran dan keteladanan Nabi Muhammad dengan berbagai bentuk kegiatan budaya dan keagaamaan. Meski hingga kini masih ada kontroversi tentang peringatan tersebut, seperti beberapa ulama yang memandang sebagai bid’ah atau bukan bid’ah, namun ada nilai dan makna yang bisa kita petik dari itu.

Tampak Kades Karang-Karangan, Asbar Idrus menyerahkan penghargaan ke Mahasiswa KKN Muhamdiayah yang keluar sebagai Juara Satu pada Festival Bunga Male.

Setelah perayaan Maulid Nabi selesai dilanjutkan dengan kegiatan penilaiaan Festival Bunga Male. Festival Bunga Male merupakan tradisi yang dilaksanakan setiap peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

Kepala Desa Karang-Karangan, Asbar Idrus menyampaikan rasa syukur dan ungkapan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat dan juga Mahasiswa kita atas partisipasi dan kerja sama yang telah menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW dirangkaikan dengan Festival Bunga Male pada tahun ini.

“Maulid adalah memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW, tentang bagaimana kehidupan Rasulullah dari kecil hingga menjadi Nabi, inti dari Maulid adalah mencintai Nabi Muhammad SAW, yaitu dengan cara menjalankan Perintah dan menjauhi Larangan Nabi. “Ujar Asbar idrus.

“Tujuan Festival Bunga Male ini sebenarnya tidak lepas dari tradisi umat muslim di Kabupaten Luwu, sebagai ciri khas peringatan Maulid. Jadi tidak ada tujuan khusus karena keberadaan bunga male dalam suatu acara Maulid adalah sebagai penghias kegiatan,” Ungkap Kades Asbar.

Dalam Festival Bunga Male tersebut, Mahasiswa KKN Muhammadiyah Palopo yang ikut serta pada kegiatan tersebut keluar sebagai Juara Pertama (1), Disusul Juara Kedua (2) dari Pemdes Karang-Karangan, dan yang mendapat Juara (3) adalah Ma’ Wawa yang merupakan warga Desa karang-karang.

“Semoga di tahun-tahun berikutnya kita akan selalu menjaga dan menjunjung tinggi rasa persatuan dalam melaksanakan suatu kegiatan dan mudah-mudahan ada hikmah yang didapat dari acara maulid kali ini” Harap Kades Asbar.

Diketahui, acara pelaksanaan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dihadiri oleh Ustad Mawardi, S.Ag, MM, Jajaran Pemerintah Desa Karang-karangan, Mahasiswa, dan Masyarakat Desa serta tamu undangan berjalan dengan tertib, aman dan lancar serta tetap taat dan patuh dalam penerapan protokol kesehatan (Prokes). Semua dianjurkan memakai masker dan mencuci tangan serta memakai hand sanitizer guna terhindar dari Wabah Covid-19.

Liputan : Herman
Editor : Red

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?