Ditengah Pandemi Covid 19 Pemdes Buntu Barana Sukses Bangun Sejumlah Infrastruktur

0

TNO, Luwu – Pemerintah Desa ( Pemdes) Buntu Barana, Kecamatan Suli Barat, Kabupaten Luwu membangun sejumlah infrastruktur yang bersumber dari APBN Dana Desa (DD) T.A 2020, dimana pada pembangunan fisik tersebut, dituntaskan dalam waktu yang singkat.

Adapun bidang pelaksanaan pembangunan desa Buntu Barana yakni dengan melakukan kegiatan pemasangan bronjong dengan volume 95 meter, pembangunan tersebut diawali 1 Juli 2020 dan dituntaskan pada 15 juli 2020. berlokasi didusun Tobolong Desa Buntu Barana, jum’at (14/08/2020).

Dengan dituntasnya kegiatan tersebut proses pembangunan itu hanya diselesaikan dalam waktu dua minggu saja, dengan memberdayakan masyarakatnya guna mengantisipasi penyebab terjadinya longsor diwilayahnya.

Tak terlepas dari kepemimpinannya , Ilham S.Pd selaku Kades Buntu Barana juga dikenal sebagai sosok yang santun kepada masyarakat, dalam kesempatan itu ia menjelaskan,” ditengah pandemi covid 19, selain BLT DD yang kita peruntukkan untuk warga yang terdampak covid 19, Dana Desa di tahun anggaran 2020 ini sebagian kita alihkan untuk pembangunan fisik yaitu kegiatan pembangunan bronjong dengan memberdayakan masyarakat.

“ Pembangunan fisik yang kita bangun ini sesuai yang direncanakan dan harapan masyarakat dari hasil musyawarah ditingkat desa sebelumnya, sebagaimana perihal lokasi tersebut terlihat rawan saat warga melintasi wilayah itu, nampak aliran sungai sudah mengikis dinding tebing hingga ditakutkan terjadinya longsor yang berada didusun tobolong.

“ mirisnya lokasi tersebut terdapat sebuah jembatan yang menghubungkan salah satu dusun didesa Buntu Barana yang tak jauh dari lokasi pembangunan bronjong itu, hal yang tidak diinginkan bisa saja terjadi jika banjir bandang datang, perlahan air akan mengikis dinding tebing itu hingga bisa menyebabkan terjadinya longsor,

“ Oleh karena itu, langkah yang kita ambil untuk mengantisipasinya tersebut adalah dengan menguatkan tebing itu ditepi sungai, agar masyarakat tidak was-was lagi jika melintasi wilayah tersebut yang dinilai spesifikasinya tidak khalayak untuk dilalui,” Ucapnya

Sambungnya, “ Kegiatan Pembangunan bronjong ini merupakan hasil dari kesepakatan Pemdes Buntu Barana dengan melibatkan tokoh masyarakat, toko adat, perangkat Desa dan ketua BPD, dalam mewujudkan keinginan masyarakat demi kesejahteraan, serta mendorong pembangunan desa hingga mencapai asas manfaatnya,” ucap Ilham saat dikonfirmasi oleh awak media melalui via telepon

Ditambahkannya,” dengan tuntasnya kegiatan pembangunan bronjong ini, mudah-mudahan kebutuhan masyarakat dapat terpenuhi serta dapat dirasakan manfaatnya, sehingga program yang sudah kita wacanakan ini tidak tumpang tindih pada program dan anggarannya.

Tampak foto Kades Buntu Barana Ilham S.Pd saat memantau tuntasnya kegiatan pembangunan bronjong didusun tobolong Desa Buntu Barana, jum’at (24/07/2020).

Ilham juga menambahkan bahwa,” Prioritas pembangunan infrastruktur ini kita kerjakan secara swakelola dengan sistem Padat karya Tunai Desa (PKTD), untuk memperkuat daya tahan ekonomi Desa dan pendapatan masyarakat.

“ Sementara untuk prioritas terkait penguatan kesehatan masyarakat melalui upaya pencegahan dan penanganan covid 19, kita sudah laksanakan secara bersama-sama,” Tuturnya.

Dengan sangat bijaksana, ilham pun mengatakan saat dikonfirmasi melalui via telepon bahwa dirinya selalu mengingatkan kepada warga khususnya kepada pekerja yang melakukan kegiatan pembangunan didesa agar selalu menerapkan protokol kesehatan.

“ Selaku Pemdes Buntu Barana kami selalu mengingatkan kepada warga agar kiranya mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah.

“ Semua kegiatan didesa baik itu fisik maupun non fisik, kita pantau agar penyebaran virus corona ini kita antisipasi bersama sama demi menjaga satu sama yang lain, yakni dengan cara menjaga jarak, pakai masker, dan rajin cuci tangan.

“ Semoga segala aktivitas bisa berjalan normal seperti biasanya, dan tak ada lagi hambatan proses kegiatan seperti dimasa sulit pandemi saat ini.

“Harapan kami selaku Pemdes Buntu Barana, semua warga masyarakat Desa harus bersatu dan kompak untuk menghadapi wabah ini,” Kuncinya. (edo)



Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?