Dinas PUPR Bergerak Cepat, Tinjau Sungai Noling dan Pabberassang

0

TNO, LUWU – Setelah mendapat Informasi Warga, pihak Dinas PUPR kembali turun Lapangan melakukan Peninjauan di Wilayah Kecamatan Bupon dan Bua, Kamis (2/9/2021).

Kali ini, Tim Teknis PUPR mendatangi Dua (2) Sungai besar di Wilayah yang berbeda. Adalah Sungai Noling yang bantarannya membelah Wilayah Kecamatan Bupon.

Pasca banjir bandang yang terjadi Sabtu (28/8/21) lalu, luapan air di Sungai tersebut bukan saja menyebabkan Erosi pada Tebing Sungai, tapi juga merusak Jembatan Gantung yang ada di Desa Padang Kamburi.

Kepala Desa Padang Kamburi yang turut mendampingi Tim PUPR.

Marjono, Kepala Desa Padang Kamburi yang turut mendampingi Tim PUPR menuturkan jika gerusan air yang menghantam area perkebunan warga disebabkan terjadinya pembelokan aliran air akibat endapan sedimen.

“Kondisi ini sudah terjadi cukup lama dan kami sudah mengusulkan anggaran pengerukan dan pelurusan sungai tahun ini” Ungkap Marjono.

Selain pelurusan sungai, Marjono juga berharap agar Jembatan Gantung di desanya yang terputus akibat banjir mendapat perhatian.

Tampak gerusan air yang menghantam area perkebunan warga disebabkan terjadinya pembelokan aliran air akibat endapan sedimen.

Apalagi jembatan tersebut merupakan akses penghubung warga desanya dengan Desa Buntu Batu.

Plt. Kadis PUPR, Ir. Ikhsan Asaad, ST, MT (Daffa Ikhsan) sesaat setelah melakukan peninjauan menyebut jika melihat kondisi eksisting sungai sangat perlu untuk diluruskan karena semakin lama benturan kelokan air akan memperlebar penampang sungai.

“Kedepan kita akan upayakan untuk secepat mungkin mendapat penanganan termasuk berkordinasi dengan pihak Balai Besar Wilayah Sungai Jeneberang” Ungkap Kadis Ikhsan.

Jembatan Gantung penghubung Desa Kamburi dengan Desa Buntu Batu yang rusak berat.

Terkait jembatan gantung yang ambruk, Kadis Ikhsan yang didampingi Kabid Pembangunan Jalan Jembatan, Ir. Usdin Iskandar, ST (Abu Faqih) dan Kabid Jasa Konstruksi, Yusuf Kaya, ST (Yusuf Dwan) serta sejumlah Tim Teknis mengatakan akan mengupayakan menjadi prioritas usulan dalam penganggaran.

Tim Dinas PUPR saat melihat kondisi Sungai Pabbaresseng di Kecamatan Bua.

Secara terpisah, Kabid Sumber Daya Air Dinas PUPR, Hendra Haruna, ST bersama anggota DPRD Luwu, Muh. Arbi juga mengunjungi Sungai Pabbaresseng di Kecamatan Bua.

Dalam keterangannya Kabid Hendra mengatakan kondisi tebing sungai yang mengalami abrasi merupakan hal yang penting dan menjadi skala prioritas untuk di tangani. Apalagi jika kondisinya sudah mengancam permukiman penduduk.

“Solusi teknis yang tepat dalam penanganan adalah penguatan tebing sungai apakah dengan pemasangan bronjong atau urugan batu” Ungkap Hendra.

Selaku instansi yang membidangi Sumber Daya Air (SDA), pihaknya berusaha untuk mencari pembiayaan baik yang bersumber dari Daerah maupun dari Pusat. Apalagi, sambung Hendra, sungai Bua ini merupakan sungai prioritas Nasional yang merupakan kewenangan pusat.

Rilis : Mus-95
Editor : AK

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?