Pemdes Karang-karangan Laksanakan Musrenbang RKPDes 2022 Berbasis SDGs dan IDM

0

TNO, LUWU – Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Desa Karang-Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu berjalan sesuai dengan rencana dan dilaksanakan di Kantor Desa Karang-Karangan, Rabu (6/10/2021).

Musrenbang Desa adalah forum musyawarah perencanaan tahunan di tingkat desa untuk membahas dan menyepakati usulan kegiatan pembangunan hasil Musyawarah Dusun (Musdus), Hasil dari musrenbang desa akan diusulkan di Tingkat Kecamatan.

Tujuan umum pelaksanaan kegiatan musrenbang desa yaitu mendorong partisipasi masyarakat desa dalam menyusun perencanaan pembangunan tahunan di tingkat desa.

Untuk menindaklanjuti hal tersebut, Desa Karang-Karangan melaksanakan Musrenbang Desa Pembahasan Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Tahun 2022 Berbasis ‘Sustainable Development Goals’ (SDGs) Desa dan Indek Desa Maju (IDM).

Para pelaku pembangunan mulai dari Perangkat Desa, BPD, PDTI, PDP, Bhabinkantibmas, Tokoh Masyarakat, dan Tim dari Kecamatan untuk menindaklanjuti Perencanaan Pembangunan Desa Karang-Karangan.

Dalam proses pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa Karang-karang untuk tahun 2022 dibuka langsung oleh Kepala Desa Karang-karang, Asbar Idrus.

Tampak suasana Musrenbang Desa Karang-Karangan, Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu di Kantor Desa Karang-Karangan, Rabu (6/10/2021)

Kades Karang-karangan mengharapkan untuk tahun 2021 ini sampai tahun 2022 dan seterusnya, Desa Karang-Karangan dapat mengalami perubahan yang lebih baik lagi, tentunya ini tidak lepas dari bantuan masyarakat untuk selalu bekerja sama demi kemajuan desa kita bersama.

Dalam sambutannya, Kades Asbar Idrus menyampaikan, “Kami mengharapkan kerjasama yang baik dari semua unsur perangkat desa serta masyarakat untuk mengajukan usulan-usulan dan menentukan rencana pembangunan di Desa Karang-karang untuk Tahun Anggaran 2022, mana yang nanti akan menjadi prioritas untuk dikerjakan terlebih dahulu kepentingan masyarakat ini berdasarkan usulan atau surat pengajuan,” jelasnya.

kegiatan ini harus tetap dimulai dengan tahapan penggalian gagasan melalui Musyawarah Dusun (Musdus) yang dilaksanakan di tiap-tiap Dusun yang ada di Desa Karang-karangan dan hasil dari penggalian gagasan ditingkat dusun juga turut diuraikan sebagai bahan Musrenbang di tingkat Desa.

Lebih dalam lagi, Asbar menjelaskan. “Apa yang kita wacanakan ke depan hanya untuk kepentingan masyarakat, makanya melalui Pembahasan Rancangan Tahap Pertama melalui RKPDes, kami pemerintah desa berupaya mengalokasikan Dana Desa (DD) dengan anggaran yang ada di Desa Karang-Karangan untuk pembangunan yang baik dan pemberdayaan masyarakat yang ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa,” Tutur Asbar idrus.

Peserta kegiatan Musrenbang ini dihadiri dari berbagai pihak terkait seperti Staf Seksi Ekonomi dan Pembangunan (Ekbang) Kecamatan Bua, Ismadi,S.An yang mewakili Camat Bua, Babinkantibmas Aswan Halik, Pendamping Desa Teknik Infrastruktur (PDTI) Muhammad Yunus, ST, Pendamping Desa Pemberdayaan (PDP) Herna Wati, Pendamping Lokal Desa (PLD) Ramdan, Ketua BPD Desa Karang-Karangan, Serta Masyarakat Desa Karang-karang yang meluangkan waktunya ikut berpartisipasi dalam pembangunan desa ke depannya.

Liputan : Herman
Editor : (Red)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?