Cakka Kunjungi dan Apresiasi Pelaku Petani Jahe Merah Organik

0

Ir. H. A. Mudzakkar, mantan Bupati Luwu melakukan kunjungan kepada beberapa petani Jahe Merah Organik di kab Luwu.

Jahe Merah (Red Ginger) salah satu Obat Herbal yang keberadaanya menjadi perhatian saat pandemi Covid-19 melanda Luwu pada umumnya. manfaat jahe merah selain Anti Inflamasi dan Anti Bakteri juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh atau imun tubuh, serta salah satu alternatif yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani, dimana harga yang saat ini menjulang tinggi. Melihat permintaan dan peluang pasar, jahe untuk saat ini salah satu yang lumayan tinggi harganya, maka dari itu mantan Bupati Luwu yang dua periode ini, menghimbau para petani agar bersemangat dalam membudidayakan tanaman Jahe Merah, terkhusus pada petani Jahe Merah Organik yang ada di Kab Luwu. Kamis (18/2/21).

Tampak foto Cakka sedang meninjau kebun.Jahe Merah milik salah satu warga Luwu

Mantan Bupati Luwu, Ir. H. A. Mudzakkar, yang akrab disapa Opu Cakka, selaku tokoh penggagas budidaya jahe organik disulsel khususnya di kab Luwu, pada kesempatan tersebut saat mengunjungi kebun budidaya Jahe Merah Organik milik beberapa petani Jahe Merah Organik diantaranya: Supartani, Salahudin, Sumarling, Zainal Arifin, S,Sos (Anggota DPRD Luwu), Rahmat, H. Asfar, Supri, Andi Saddawero, Kades Muhajirin, Kades Lumaring dan beberapa orang lainnya, dan juga seorang anggota Polri Polres Luwu Aipda Ibrahim, S.AN, yang telah membudidaya Jahe Merah Organik bersama komunitas masyarakat Kabupaten Luwu sejak tahun lalu.

Opu Cakka kepada awak wartawan, mengungkapkan bahwa, “jahe merah organik diluwu merupakan budidaya pertanian pertama kali sebagai solusi dalam penguatan pangan dan kesehatan di tengah pandemi Covid-19, dan telah merambah diseluruh kecamatan yang ada di Luwu, dengan memanfaatkan metode tekhnologi Polybag, hal tersebut bukan mustahil sebagai langkah alternatif mempertahankan ketahanan pangan ditengah pandemi covid 19, dengan melihat animo yang begitu besar dari masyarakat,” Ungkapnya

“ Kunjungan saya ini, meninjau kebun jahe organik di beberapa petani di Luwu, karena rencana akan ada kunjungan dari tim sertifikasi tanaman jahe merah organik, dari Balitbang Provinsi Sulawesi Selatan,” Tambah Cakka.

“ Selain jahe merah nantinya kita akan mengembangkan dan membudidayakan tanaman lainnya, seperti saat ini saya mengembangkan cabe jenis varietas, yang diberi nama Razs”, tutup Cakka

Rilis/Editor : AA

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?