Bupati Luwu Berkunjung ke PT MDA, Terkait Kegiatan Survey Jalan Akses

0

TNO, Luwu Latimojong – Bupati Luwu Basmin Mattayang mengunjungi perusahaan PT. Masmindo Dwi Area (MDA) yang bertempat di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu. Tujuannya untuk membahas rencana PT MDA yang akan melakukan kegiatan kontruksi pada 2021 mendatang.

Dalam kunjungannya, Basmin berharap agar kegiatan PT. Masmindo dalam melakukan tracking (penentuan Jalur) agar dipercepat dikarenakan adanya kucuran dana Hibah khusus dari Provinsi untuk pembangunan insfrastuktur di wilayah Kecamatan Latimojong.

“ Setelah kami menerima surat penyampaian dari pihak PT Masmindo dengan No 018/EA/VI/2020 perihalnya Kegiatan Survey Jalan Akses, jalan poros belopa – bajo barat – rante balla. Adapun jenis kegiatannya menguji dan menganalisa struktur tanah untuk badan jalan, dengan mitode penandaan titik survey dan pemboran dangkal di delapan (8) titik, sehingga kami perlu melakukan komunikasi dan koordinasi agar kegiatan ini berjalan dengan baik,” ungkap Basmin.

Ditambahkan Basmin, “ Kedatangan saya disini, khusus untuk silaturrahmi dan berkoordinasi dengan pihak perusahaan sekaitan dengan kegiatan konstruksi akses jalan perusahaan akan segera dibangun,” kunci Basmin.

Sementara itu, Heru Wiyanarko selaku senior Egiologis di dampingi rekan rekannya, Dito Managert EA dan Yusa Yustinus Supertenden, usai menjamu rombongan bupati luwu, kepada TNO menuturkan, saat ini PT MDA sedang melakukan study untuk finilisasi desain dan lembar kerja infrastruktur kegiatan oprasi penambangan salah satunya adalah study peningkatan akses jalan di Kabupaten Luwu yang direncanakan melalui poros Belopa – Latimojong.

“ Bersama ini kami dari pihak perusahaan sangat mengapresiasi dan sangat berbangga atas kunjungan Bapak Bupati Luwu Basmin Mattayang Bersama rombongan, dalam pertemuan tadi kami bermaksud menyampaikan kegiatan perusahaan berkaitan dengan rencana kami melakukan kegiatan konstruksi pada tahun 2021 akan datang dan pada tahapan ini kami sedang melakukan study untuk finalisasi desain dan lembar kerja infrastruktur kegiatan operasi penambangan salah satunya adalah study peningkatan jalan akses yang berada di beberapa kecamatan yang direncanakan melalui poros belopa-latimojong,” ungkapnya.

Lebih jauh ia membeberkan, “ Kami juga menyampaikan dan memperlihatkan Denah rencana kerja dan gambar contoh kegiatan yang akan dilakukan. Kegiatan survey jalan akses akan membutuhkan tenaga kerja yang kami akan berdayakan masyarakat sekitar lokasi kegiatan survey,” ucapnya.

Dilain Kesempatan, Andi M Balawara, kepala departemen community development relation PT.MDA, menjelaskan, adanya pemindahan jalur kecamatan, “ Mulai dari dusun salu bulo bone, dusun posi dan dusun rante balla kurang lebih 8 km, yang berada dalam wilayah desa rante balla, dimana lokasi tersebut masuk dalam area konstruksi tambang PT MDA, dalam waktu dekat ini rencana pembangunan akses jalur perusahaan dari latimojong – belopa akan dilakukan tracking sebagai acuan pengecekan tingkat kekerasan tanah dan kualitas tanah, dan beberapa kegiatan biologi biotehnik test pit pada titik tertentu untuk menentukan daya dukung tanah, selain itu dilakukan pengeboran untuk mempelajari atau mengambil sample kondisi dan struktur bawah permukaan, khususnya dilokasi bangunan konstruksi jembatan,” kata Andi M Balawara, yang akrap dengan sapaan Opu Bala.

Tampak Foto (kiri ke kanan) A M Balawara, Departemen Community Development Relation. Basmin Mattayang Bupati Luwu. Yasa Yustinus Supertenden. Heru Wiyanarko Senior Egiologis. Dito Managert EA.

Tambahnya lagi, “ Akses dari bajo – rante balla peningkatan jalan di beberapa titik termasuk jembatan yang menjadi skala prioritas pada kegiatan tracking ini dan itu akan menjadi jalur akses utama namun tetap akan digunakan untuk umum, selain itu PT MDA akan mengadakan pengobatan gratis untuk masyarakat lokal,” kunci Andi Bala.

Senada dengan Dito Meneger EA PT. Masmindo, mengungkapkan, “ Saat ini karyawan yang bekerja di bagian lapangan kurang lebih 100 karyawan. Dan untuk makan minumnya ditanggung oleh perusahaan. Ia juga menjelaskan, masa aktif kerja karyawan selama enam (6) minggu, dan diliburkan dua (2) minggu, dan jagi karyawan sesuai standar UMR dan menggunakan jasa Jamsostek juga,” tutup Dito

Turut hadir; Ka DPKD Moh Arsal Arsyad, Ka Bappeda Muh Rudi, Plt. Kadis Perkim Sofyan Thamrin, Kasatpol PP Andi Iskandar, Plt. Kadis DPMD H Bustam Ali, Sekretaris PUPR Mahpu S.Sos, Kabid. jalan & Jembatan PUPR Usdin ST, Kabid Jaskon Yusuf Kaya ST, Kasi pengawasan bidang Jakon Chalid ST, Attar Perkim, Camat Latimojong Supriadi S.Pd, Wakil ketua I DPRD Andi Mappattunru, Wakil Ketua II DPRD Sulkifli, Anggota DPRD Andi Mammang, Ainun Masinring, H Basiruddin SE, Ketua KNPI Arham Basmin, Ketua Pemuda Pancasila Ahkam Basmin. (ach)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?