BPBD Luwu Minta Masyarakat Tingkatkan Siaga Puncak Iklim LA NINA

0

TNO – Belopa, Bupati Luwu H Basmin Mattayang telah mengeluarkan Surat Edaran yang meminta para camat dan Kepala Desa/Lurah untuk Siaga menghadapi bencana akibat dampak La Nina.

Kepala BPBD Luwu Rahman Mandaria mengungkapkan, selain itu masyarakat juga díharapkan untuk menjaga lingkungan agar tetap bersih dan kondisif.

“ Berdasarkan surat edaran bupati luwu kepada seluruh camat, kepala desa/lurah untuk siaga menghadapi bencana akibat dampak La Nina dan díharapkan agar masyarakat berperan aktif menjaga lingkungannya agar tetap bersih,” Ucap Rahman.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar berharap agar Pemerintah Daerah segera melakukan langkah antisipasi sedini mungkin risiko bencana hingga dapat terminimalisasi.

Kepala BMLG Sulsel, Darmawan memperingatkan adanya potensi banjir pada puncak iklim La Nina Februari 2021 mendatang. Darmawan menyebut, pihaknya memperkirakan curah hujan akan mulai meningkat pada Desember 2020 nanti.

Sementara, November hingga Desember curah hujan akan mulai menyeluruh untuk wilayah Sulsel.

Rahman menjelaskan, titik lokasi rawan banjir yang kerap terjadi antara lain, Kecamatan Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat, Bua, Lamasi, Lamasi Timur dan Walenrang Utara.

Sementara Daerah-Daerah rawan longsor antara lain, Kecamatan Latimojong, Larompong, Larompong Selatan, Suli, Suli Barat, Bajo, Bajo Barat, Bua, Bastem dan Walenrang Barat,” Ungkap Rahman Mandaria.

Namun demikian Rahman berharap tahun ini Kabupaten Luwu tidak terkena bencana. “Kita berdoa semoga tidak terjadi hal yang tidak diinginkan. Warga kami imbau untuk meningkatkan kewaspadaan terutama yang berada di tempat yang rawan,” Tutur Rahman. (AA)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?