BLT DD Diperpanjang Hingga September Kades Tallang Bulawang Kali Ini Rp 300 ribu/KPM

0

Pemerintah memperpanjang penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD), dari tiga bulan pertama (April, Mai dan Juni) menjadi tiga bulan kedua (Juli, Agustus dan September 2020) mendatang.

TNO, Bajo Luwu – Perpanjangan penyaluran Bantuan Sosial (bansos) khusus BLT DD dari tiga bulan (tiga tahap) menjadi enam bulan (enam tahap) tersebut sesuai aturan baru dari Kementerian Desa, Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) RI.

Nilai nominal BLT DD yang diperpanjang tiga bulan kedua berbeda dengan nominal tiga bulan tertama. Jika nilai nominal tiga bulan pertama disalurkan Rp 600.000 per KPM (Keluarga Penerima Manfaat) per bulan. Sedangkan tiga bulan kedua masing-masing KPM menerima Rp 300.000 per bulan.

Kepala Desa Tallang Bulawang Hadrah saat ditemui Pimpinan Umum TNO, Selasa, (25/8/20) membenarkan, kalau pemerintah akan memperpanjang penyaluran BLT DD dari tiga bulan menjadi enam bulan atau enam tahapan penyaluran.

“ Perpanjangan itu berdasarkan aturan baru, yaitu Permendes Nomor 7 tahun 2020 tentang Perubahan Kedua Permendes PDTT Nomor 11 tahun 2019 tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa tahun 2020, selain itu kami juga menunggu aturan Daerah atau Perbup,” Ungkap Hadrah.

Aturan dari Permendes tersebut tentang perpanjangan penyaluran Bansos jenis BLT DD itu tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) tahun 2020 sebagai Payung Hukum nya.

Perpanjangan penyaluran BLT DD tiga bulan kedua dilaksanakan setelah tuntas penyaluran tiga bulan pertama (April-Juni 2020) atau setelah penyaluran tuntas untuk bulan Juni (tahap III untuk tiga bulan pertama).

Masih berdasarkan aturan baru dari Permendes kata Hadrah, nilai nominalnya tidak sama, karena tiga bulan kedua (Juli, Agustus, September 2020) masing-masing per KPM menerima Rp 300.000 per bulan. Sedangkan tiga bulan pertama, setiap KPM mendapat Rp 600.000 per bulan.

Aturan baru tersebut juga mengatur terkait penerima manfaat yang bisa dilakukan perubahan. Namun harus tetap melalui Musyawarah Desa khusus (Musdesus).

Kepala Desa Tallang Bulawang, didampingi Ketua BPD Tallang Bulawang, Baso lebih lanjut menjelaskan, KPM BLT DD di Desa Tallang Bulawang untuk bulan April terdata sejumlah 81 KK yang terdiri dari empat Dusun .

Penyaluran Bansos Sumber Dana Desa (DD) senilai Rp 600.000 per KPM disalurkan selama tiga bulan pertama (April, Mei dan Juni 2020). Tahap I (April) sudah tuntas disalurkan dengan jumlah penerima 81 KPM, menyerap anggaran sejumlah anggaran Rp 145.800.000,- (seratus empat puluh lima juta delapan ratus ribu rupiah).

“ Informasi yang kita peroleh, penyaluran BLT DD dilakukan bersamaan dengan penyaluran BST (Bantuan Sosial Tunai) dari Kemensos sehingga semua KK yang berhak menerima bansos bisa menerima secara bersamaan,” Beber Hadrah.

Tampak foto (Kanan) Kades Tallang Bulawang Hadrah S. AN saat penyerahan BLT DD kepada salah satu PKM

“ Penerima BLT DD ditetapkan dalam Musyawarah Desa Khusus (musdessus) melibatkan semua unsyur tokoh masyarakat, kepala desa beserta aparatur desa dan seluruh anggota BPD Tallang Bulawang,” Terang Hadrah.

Terkait hal ini, Bupati Luwu H Basmin Mattayang menekankan bahwa dalam musyawarah penetapan KPM atau penerima BLT DD agar benar-benar mempedomani kreteria sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) dan Peraturan Menteri Desa (Pemendes).

Kriteria dimaksud adalah keluarga miskin, menderita penyakit menahun, lanjut usia serta keluarga yang kehilangan pekerjaan sebagai dampak pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Kriteria lain yang lebih penting lagi adalah penerima BLT DD tidak tumpang tindih dengan KK atau KPM penerima Bantuan Sosial Langsung (BST) dari Kementeria Sosial (Kemensos).

Tidak pula tumpang tindih dengan penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), penerima bantuan sembako, apalagi tercatat sebagai PNS/ASN.

Bupati Basmin Mattayang sudah mengarahkan jumlah penerima BLT DD setiap desa tidak dibatasi, namun harus memenuhi kreteria tersebut, dan ditetapkan dalam musdesus. Lalu, data penerima yang ditetapkan dalam musdessus disahkan Camat setempat. (ach)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?