Bertambah Satu Warga Luwu Positif Covid-19 : Kades Marinding Identifikasi Warga Yang Berinteraksi Dengan Pasien

0

TNO, Bajo Barat Luwu – Dikabarkan salah satu warga Desa Marinding terkonfirmasi positif Covid-19 setelah di Swab di RS. Hikmah Belopa Jum’at, (08/01/2021).

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Desa Marinding Hj Jamilah setelah dikonfirmasi oleh Pimpinan media ini melalui telepon milik pribadiNya, Jum’at (08/01/21) pukul 17:23 wit berdasarkan hasil penelusuran pihak Puskesmas Bajo Barat dan pihak RS. Hikmah Belopa, berikut penjelasan Hj Jamilah (kades Marinding) Jum’at 08 Januari 2021.

Dari hasil identifikasi yang dilakukan, ada sekitar 15 orang yang sempat menjenguk pasien selama di rumah sakit dan akan dilakukan Swab secepatnya oleh medis dari Dinkes.

Tampak foto tim PMI saat lakukan penyemprotan Disinfektan di rumah warga dusun kanan desa Marinding, bBajo Barat, Luwu, Jum’at (08/01/2021)

Sementara itu, pasien dengan inisial BT (80) warga desa Marinding Dusun Kanan, sebelumNya sempat dirawat di Klinik Berkah Belopa, dan setelah membaik dipulangkan, selama 3 hari di rumah, ia kemudian merasa tidak enak badan dan kembali dibawah pihak keluarga ke RS. Hikmah untuk mendapat perawatan medis selama 6 hari hingga hari ini.

“ Karena ada gejala yang menyerupai gejala Covid-19, Pada tanggal 04 Januari 2020, di tes rapid dengan hasil negatif, kemudian diswab dan hasil Swab diteruskan ke Lab. Soppeng dan setelah keluar hasil Swab pasien dinyatakan positif,” JelasNya

“ Ia itu benar, pagi ini kita dapat kabar kalau warga kita yang sementara dirawat di RS. Hikmah dinyatakan positif Covid-19,” Ungkap Jamilah.

Usai mendapat kabar, Hj Jamilah kemudian melakukan koordinasi dengan pihak Puskesmas dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Luwu untuk melakukan identifikasi warga yang sebelumnya berinterkasi dengan pasien.

“ Kita sementara berkoordinasi dengan pihak keluarga maupun warga yang sudah menjenguk, supaya nanti kita lakukan Swab dan karantina berdasarkan prokes dari pihak puskesmas dan Dinkes,” Tutur Jamilah.

Sambung Jamilah, “Sebenarnya hari ini tim penanganan Covid-19 rencana mau turun untuk lakukan Swab terhadap 15 orang yang sudah berinteraksi dengan pasien, namun warga menolak untuk di Swab, warga minta bukti dari hasil pemeriksaan bahwa pasien positif Corona, lebih jauh Jamilah membeberkan, “Jadi terpaksa saya mendatangi RS Hikmah untuk mengambil print out atau hasilnya pak, saya kembali ke kanan untuk memperlihatkan dan menjelaskan kepada warga dan keluarga, akhirNya mau di Swab, namun dari pihak kesehatan sendiri, kataNya ini sudah sore jadi besok aja katanya,” Tiru Jamilah

“ Karena tidak jadi dilakukan Swab hari ini (jum’at, 8/01), jadi saya menghubungi pihak Palang Merah Indonesia (PMI) Luwu dan alhamdulillah saya direspon, PMI sudah ada disini pak, lakukan penyemprotan disinfektan di rumah warga di dusun Kanan desa Marinding”. Kunci Hj Jamilah

Rilis : AK
Editor : AA

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?