Ambruknya Talud Buntu Andi Lumpuhkan Akses Transportasi Bone Lemo Utara

0

TNO, Bajo Barat Luwu – Bangunan Talud di ruas jalan penghubung Desa Bone Lemo dengan Desa Bone Lemo Utara tepatnya di Dusun Buntu Andi Desa Bone Lemo Utara, kecamatan Bajo Barat Kabupaten Luwu ambruk akibat longsong, dimana Luwu dan sekitarnya dilanda musim penghujan dan mengakibatkan terjadi bencana di berbagai daerah khususnya Luwu, pada bulan Juni 2020 lalu Desa Bone Lemo Utara juga tak luput dari bencana yang melanda Daerah Luwu.

Tampak foto pondasi bangunan talud yang tergeser tanah longsor, Buntu Andi, (11/9/2020)

Diketahui bangunan Talud yang ambruk itu, di Dusun Buntu Andi Desa Bone Lemo Utara, dikerjakan pada tahun 2019 lalu, anggaranya bersumber dari APBD Kabupaten T.A 2019 pada Juli 2019, dengan nilai Aggaran sebesar Rp. 90 juta rupiah, kini hanya tersisa puing material bangunan.

Akibat pasca bencana alam sehingga menyebabkan robohnya bangunan Talud dan akses jalan yang menghubungkan dua (2) Desa tersebut kini lumpuh total, sehingga masyarakat terpaksa melalui jalan alternatif yang ada yakni, melalui jalan Desa Langkidi Kecamatan Bajo.

Jamaluddin, SH,MH yang tak lain Kades Bone Lemo Utara, beserta aparatnya, sangat mengeluh dengan lumpuhnya akses tersebut, sangat berat rasanya jika hendak mengurus administrasi dan Laporan kegiatan Desa atau pun ada urusan kedinasan lainnya ke Kantor Camat Bajo Barat, dimana sebelumnya, yang jarak tempuhnya hanya kisaran 10 kilometer atau hanya ditempuh kurang lebih 20 menit, dari Bone Lemo Utara menuju Kantor Bajo Barat di Bone Lemo, kini ditempuh dua (2) jam dengan jarak 25 kilometer, melalui alternatif Desa Langkidi Kecamatan Bajo. Ungkap Jamal kepada awak media ini, Jum’at (11/9/2020).

Pemerintah Desa Bone lemo Utara sangat mengharapkan agar Pemerintah Daerah menganggarkan untuk perbaikan akses tersebut, membangun kembali akses ruas jalan Bone Lemo – Bone Lemo Utara, tujannya adalah untuk memudahkan transpotasi Pemerintah atau pun masyarakat, Karena jalan ini adalah satu satunya yang menghubungkan jalan Kecamatan Bajo Barat dengan Kecamatan Bupon,” kunci Jamal, agar berita ini dimuat di halaman online TNO. (arf)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?