4 Peserta Lulus Seleksi Administrasi Ikuti Lelang Jabatan Sekda Parimo

0

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Parigi Moutong, dalam waktu dekat ini, mengadakan lelang jabatan untuk mengisi kekosongan Jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) 31 Desember 2020 mendatang.

TNO, Parimo Sulteng – Dalam rangka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPT) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Parimo Tahun 2021 itu, Pemkab Parimo membuka kesempatan kepada Aparat Negeri Sipil (ASN) yang berminat dan memenuhi syarat untuk mengisi jabatan tersebut, melalui seleksi terbuka yang akan dilaksanakan oleh Panitia Seleksi, sejak 4-10 November 2020.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian & Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Parimo, Drs Ahmad Saiful, MM seleksi ini dilakukan berdasarkan surat edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Surat Edaran BKN, dan Rekomendasi KASN, serta Surat Keputusan Bupati Parimo.

Panitia Seleksi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Parigi Moutong telah menetapkan (4) empat nama peserta yang dinyatakan lulus seleksi administrasi.

Menurutnya, persyaratan yang harus dipenuhi oleh para peserta lelang JPT, untuk mengisi enam jabatan Sekda, sama dengan persyaratan lelang JPT kepala dinas. “Bedanya hanya pada eselon, yakni eselon II.a untuk Sekda dan II.b untuk kepala dinas.”

Mengenai persyaratannya, lanjutnya, berdasarkan Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil, serta Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor : 13 Tahun 2014, tanggal 27 Maret 2014, tentang Tata Cara Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Secara Persyaratan untuk mengikuti lelang JPT, diantaranya sebagai berikut :

“ Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa; Sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba; Berusia maksimal 58 (lima puluh delapan) tahun pada saat pendaftaran; Memiliki Kompetensi, leadership, dan integritas yang dibutuhkan;; Berkomitmen menandatangani dan melaksanakan Pakta Integritas; Mengajukan surat lamaran; dan tidak pernah dijatuhi hukuman disiplin tingkat sedang atau berat”.

“ Sedangkan persyaratan khusus yang harus dipenuhi, diantaranya mencakup, Pangkat/Golongan Ruang Pembina Utama Muda, IV.c dan atau dapat satu tingkat di bawah pangkat minimal untuk jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II.a dan Pembina Tingkat I, IV.b dan atau dapat satu tingkat di bawah pangkat minimal untuk jabatan pimpinan tinggi pratama setingkat eselon II.b”.

Pengalaman jabatan minimal pernah atau sedang menduduki jabatan struktural eselon II.b sebanyak 2 (dua) kali ditempat berbeda untuk jabatan tinggi pratama setingkat eselon II.a “Dan minimal pernah atau sedang menduduki jabatan struktural eselon III.a sebanyak 2 (dua) kali ditempat berbeda untuk jabatan tinggi pratama setingkat eselon II.b yang relevan dengan jabatan yang dilamar dan diutamakan berstatus sebagai PNS pada Pemerintah Kabupaten Parimo,” Ungkap Drs Ahmad Saiful MM kepada Teropongnews Senin (16/11/2020), di ruang kerjanya.

Keempat pejabat tersebut masing-masing, Zulfinasran, SSTP, M,AP yang saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian & Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Parimo dengan nilai 180. Kemudian Adrudin Nur, S.Pd,M.Si, Kepala Dinas Pendidikan & Kebudayaan (Dikbud) Kab Parimo dengan nilai 178. Selanjutnya, Masdin, S.Sos, M.Si, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) Kab Parimo dengan nilai 170 dan Mohamad Sakti Anhar Lasimpala, S.Pd,M.AP, Kepala Inspektur Daerah (inspektorat) Kab Parimo dengan nilai 167. Hal itu berdasarkan pengumuman Panitia Seleksi Terbuka (JPTP) Sekretaris Daerah Kab Parimo.Nomor. 04/Pansel-JPTP SEKDA/11/2020 tanggal 16 November 2020 yang ditandatangani oleh Ketua Tim Seleksi, Mulyono, SE.Ak,MM

Kepala Bidang Pengadaan Informasi Kepegawaian dan Aparatur Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Parimo, Syaiful membeberkan bahwa, hingga batas akhir pendaftaran seleksi calon Sekda, hanya ada (4) empat pendaftar yang mendaftarkan diri dan semuanya dinyatakan lulus persyaratan administrasi.

Selain itu ucap Ahmad Syaiful yang tak lain adalah Keban BKPSDM saat wawancara di ruang kerjanya, Senin (16/11/2020), bahwa, keempat peserta yang dinyatakan memenuhi syarat/lulus seleksi administrasi berhak mengikuti tahapan seleksi berikutnya, tes kompetensi manajerial dan tes kompetensi sosial kultural dengan metode assessment center yang akan dilaksanakan pada Rabu-Kamis (18-19/11/2020) pukul 08.30 wita sampai selesai bertempat di Ruang Baca Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Parimo.

Dan Bagi peserta yang tidak hadir sesuai waktu yang telah ditentukan maka peserta tersebut dianggap mengundurkan diri dan dinyatakan gugur. Dalam seleksi terakhir akan gugur satu (1) peserta, tiga (3) perserta lainnya yang dinyatakan lulus seleksi akan di serahkan ke Bupati untuk dipilih salah dari tiga (3) peserta tersebut.” Kunci Syaiful.

Rilis: Umar/Amin Pasau
Editor: Achmad Kusman

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.

Open chat
Bisa Kami Bantu ?
Hallo ! Ada yang bisa kami bantu ?